Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Panggil Duta Besar di Israel dan Amerika Serikat

Turki Panggil Duta Besar di Israel dan Amerika Serikat

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Ankara. Turki menarik duta besarnya yang ditempatkan di Tel Aviv dan Washington. hal ini menyusul pembantaian puluhan warga Palestina oleh pasukan Israel serta pembukaan Kedubes AS di Al-Quds.

“Para diplomat yang ditempatkan di Tel Aviv dan Washington akan pulang ke Turki untuk konsultasi,” kata Bekir Bozdag, Wakil Perdana Menteri Turki, seperti dilansir Aljazeera, Selasa (15/05/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Bozdag juga mengumumkan masa berkabung selama tiga hari. Ini sebagai bentuk solidaritas terhadap para korban yang gugur di Palestina.

Selain itu, Ankara juga menyeru pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Pertemuan rencananya akan digelar pekan ini, kemungkinan pada hari Jumat. Selain juga menyeru pertemuan di Majelis Umum PBB, imbuh Bozdag.

Peresmian Kedubes AS digelar sesaat setelah pasukan Israel membombardir warga Palestina dengan peluru, gas air mata dan bom api. Menurut laporan terakhir hal itu mengakibatkan 55 orang gugur dan 2700 an lainnya terluka.

Selain Turki, Afrika Selatan juga memanggil dubesnya di Israel, Senin (14/05) kemarin.

“Mengingat kebrutalan dari serangan Israel, pemerintah Afrika Selatan memutuskan untuk segera memanggil Duta Besar Sisa Ngombane hingga pemberitahuan selanjutnya,” kata Kemenlu Afrika Selatan dalam keterangannya.

“Para korban merupakan peserta aksi damai yang menolak peresmian Kedubes AS di Al-Quds (Yerusalem). Namun pasukan bersenjata Israel justru melakukan agresi kekerasan,” imbuhnya. (whc/dakwatuna)

Baca juga:

Pemindahan Kedubes AS; Mobilisasi Israel dan Kemarahan Palestina

Sebut Zionisme Proyek Penjajahan, Rabbi Yahudi Ini Tegaskan Yerusalem Ibu Kota Palestina

Warga Palestina Bersiap Peringati 70 Tahun Nakbah

Jelang Peresmian Kedubes AS di Al-Quds, Zionis Israel Perketat Keamanan

Erdogan: Sejarah Tak Akan Ampuni Penindasan Terhadap Rakyat Palestina

Puluhan Warga Palestina Gugur Terkena Peluru Pasukan Israel

Kedubes AS di Al-Quds Diresmikan

Pembantaian Berlanjut, Jumlah Warga Palestina yang Gugur Terus Bertambah

Fadi Abu Salah; Pejuang Berkursi Roda Itupun Gugur

Peresmian Kedubes AS di Al-Quds, Berikut Negara-negara yang Hadir

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Israel Berencana Bangun 2.500 Unit Permukiman di Tepi Barat

Organization