Respon Letusan Freatik Merapi, PKPU Human Initiative DIY Bagikan Masker dan Pembersihan Debu di Sekolah

dakwatuna.com – Yogyakarta.  PKPU Human Initiative (HI) melakukan respon cepat atas Letusan Freatik Merapi dengan membagikan masker, pada Jum’at (11/05/2018) ke siswa-siswi di sejumlah sekolah dan masyarakat pengguna jalan di beberapa titik jalan-jalan utama Yogyakarta.

PKPU HI juga melakukan koordinasi dengan BPBD Sleman pada Sabtu (12/05/2018) untuk respon pembersihan fasilitas umum di TK ABA Boyong dan SDN Purworejo, Desa Hargobinangun, yang terkena dampak abu Letusan Freatik Merapi, bersama sejumlah relawan.

Berdasarkan informasi yang diterbitkan PUSDALOPS PB DIY, bahwa pada Jum’at (11/05) terjadi erupsi Gunung Merapi pada pukul 07:43 wib dengan durasi kegempaan 5 menit, ketinggian kolom 5.500 m diatas puncak.

Erupsi yang terjadi bersifat freatik, erupsi berlangsung satu kali dan tidak di ikuti erupsi susulan.

Akibat Letusan Freatik Merapi ini, beberapa titik di wilayah Yogyakarta terkena hujan abu, terutama di wilayah kabupaten Sleman. Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca RGB Himawari, pergerakan sebaran abu vulkanik tersebut ke arah selatan – barat daya.

Berdasarkan informasi BPPT kondisi Gunung Merapi “Normal”,  pukul 09:44 wib rekaman sesimik Merapi sudah landai kembali. (SaBah/dakwatuna)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...