Home / Berita / Internasional / Asia / Mayoritas Pemukim Yakin Israel Akan Perang dengan Iran

Mayoritas Pemukim Yakin Israel Akan Perang dengan Iran

Konfrontasi Iran dan Zionis Israel. (irakna.com)

dakwatuna.com – Tel Aviv. 54% Pemukim Israel berharap pemerintahnya mengumumkan perang dengan Iran. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh surat kabar harian berbahasa Ibrani, Maariv.

Dilansir Aljazeera, Jumat (11/05), survei diadakan mengingat ketegangan yang terus berlanjut di perbatasan di Suriah. Bahkan, pihak Pertahanan Israel menyebut Iran telah meluncukan 20 rudal ke wilayah tersebut pada Kamis kemarin.

Survei tersebut diadakan pada hari Rabu (09/05), atau sehari sebelum serangan Iran ke perbatasan Israel. Hasilnya, 54% pemukim Israel menilai perang dengan Iran akan segera terjadi. 18% responden menyebut yakin, sementara 36% lainnya menilai peluang perang sangat tinggi.

Dalam survei juga terungkap bahwa 69% pemukim mengaku ‘puas’ dengan kebijakan Israel terhadap Iran. 54% pemukim juga sepakat pernyataan pejabat Israel yang menyebut perbincangan soal konfrontasi militer dengan Iran harus dilakukan saat ini juga.

Terkait dampak perang, 54% responden mengaku khawatir dengan kondisi internal Israel. Mereka menilai tidak ada perlindungan secara memadai jika benar terjadi perang dengan Iran.

Terkait keputusan perang, 38% responden menyebutnya harus diumumkan dewan menteri urusan politik dan keamanan. Sementara 22% lainnya mendukung pengumuman perang ada di tangah Perdana Menteri dan Menteri Peratahanan.

Sebelumnya, Parlemen Israel (Knesset) memberi mandat sepenuhnya kepada Perdana Menteri untuk mengumuman perang. Dalam praktiknya, PM diharuskan bermusyawarah dengan Menteri Pertahanan terlebih dahulu.

Menurut survei Maariv, banyak yang kontra dengan keputusan tersebut. Mengingat hasil survei menyebut bahwa 54% menolak keputusan itu, sementara yang mendukung hanya 38%. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

[Video] Dolar Amerika Dirobek dan Dibuang Warga Turki

Organization