Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Mayoritas Pemukim Yakin Israel Akan Perang dengan Iran

Mayoritas Pemukim Yakin Israel Akan Perang dengan Iran

Konfrontasi Iran dan Zionis Israel. (irakna.com)

dakwatuna.com – Tel Aviv. 54% Pemukim Israel berharap pemerintahnya mengumumkan perang dengan Iran. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh surat kabar harian berbahasa Ibrani, Maariv.

Dilansir Aljazeera, Jumat (11/05), survei diadakan mengingat ketegangan yang terus berlanjut di perbatasan di Suriah. Bahkan, pihak Pertahanan Israel menyebut Iran telah meluncukan 20 rudal ke wilayah tersebut pada Kamis kemarin.

Survei tersebut diadakan pada hari Rabu (09/05), atau sehari sebelum serangan Iran ke perbatasan Israel. Hasilnya, 54% pemukim Israel menilai perang dengan Iran akan segera terjadi. 18% responden menyebut yakin, sementara 36% lainnya menilai peluang perang sangat tinggi.

Dalam survei juga terungkap bahwa 69% pemukim mengaku ‘puas’ dengan kebijakan Israel terhadap Iran. 54% pemukim juga sepakat pernyataan pejabat Israel yang menyebut perbincangan soal konfrontasi militer dengan Iran harus dilakukan saat ini juga.

Terkait dampak perang, 54% responden mengaku khawatir dengan kondisi internal Israel. Mereka menilai tidak ada perlindungan secara memadai jika benar terjadi perang dengan Iran.

Terkait keputusan perang, 38% responden menyebutnya harus diumumkan dewan menteri urusan politik dan keamanan. Sementara 22% lainnya mendukung pengumuman perang ada di tangah Perdana Menteri dan Menteri Peratahanan.

Sebelumnya, Parlemen Israel (Knesset) memberi mandat sepenuhnya kepada Perdana Menteri untuk mengumuman perang. Dalam praktiknya, PM diharuskan bermusyawarah dengan Menteri Pertahanan terlebih dahulu.

Menurut survei Maariv, banyak yang kontra dengan keputusan tersebut. Mengingat hasil survei menyebut bahwa 54% menolak keputusan itu, sementara yang mendukung hanya 38%. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization