Home / Berita / Silaturahim / Muslimah FORKOMMI Serawak Gelar Seminar Kesehatan

Muslimah FORKOMMI Serawak Gelar Seminar Kesehatan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Muslimah Forum komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia di Malaysia (Muslimah FORKOMMI) Daerah Serawak, Malaysia menggelar Seminar Kesehatan Wanita pada hari Ahad 6 Mei 2018. Kegiatan ini adalah yang pertama kalinya diadakan yang bertujuan sebagai ajang silaturahim sekaligus untuk memberikan informasi kesehatan wanita.

Kegiatan seminar tersebut diadakan di aula masjid Assyakirin Bintulu Serawak dan diikuti oleh 40 warga negara Indonesia yang berada di wilayah tersebut. Para peserta adalah pekerja pabrik, ibu rumah tangga, guru dan pelajar.

Muslimah FORKOMMI adalah salah satu bidang otonom di bawah organisasi FORKOMMI. Sebelum seminar kesehatan dimulai, acara dibuka dengan sambutan dari ketua FORKOMMI Serawak yang disampaikan oleh Yusuf Himawan. Seminar kesehatan wanita kali ini disampaikan oleh dokter Endang Susilawati sebagai nara sumber utama dengan mengangkat tema tentang kanker payudara.

Bu dokter Endang menjelaskan tentang faktor resiko kanker payudara, tanda-tanda kanker dan cara pencegahan. Di antara faktor resiko kanker payudara adalah keturunan, haid di usia sebelum 12 tahun, terlambat menopause di atas 50 tahun, obesitas, tidak pernah mengandung atau mengandung di atas 30 tahun, tidak pernah menyusui bayi, mengkonsumsi alkohol dan banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Adapun langkah-langkah pencegahan kanker payudara menurut nara  sumber adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal, mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol, menyusui bayi secara teratur, membatasi terapi hormon, menghindari terkena paparan radiasi dan makanan yang dibakar langsung di atas bara api serta menghindari stress.

Kegiatan seminar ditutup dengan pemeriksaan kesehatan gratis. Semoga kegiatan Muslimah FORKOMMI kali ini memberikan manfaat dan dapat menguatkan kembali silaturahim antara warga Negara Indonesia di wilayah Bintulu, Serawak, Malaysia. (farikha/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

YY Farikha
muslimah yang saat ini tinggal di Malaysia, selalu berusaha memperbaiki diri dan memberikan manfaat untuk orang lain, suka berdakwah, belajar dan berbisnis

Lihat Juga

Ditahan Pemerintah Arab Saudi, Kesehatan Dua Syaikh Ini Kian Memburuk

Organization