Home / Berita / Daerah / Semarak Haflah Takharuj, Haflah Kelulusan 2018 Pesantren Husnul Khatimah

Semarak Haflah Takharuj, Haflah Kelulusan 2018 Pesantren Husnul Khatimah

Takharuj HK 2018

dakwatuna.com – Selamat kepada 28 santri dan 28 santriwati pondok pesantren Husnul Khatimah, Desa Manis Kidul kecamatan Jalaksana Kab Kuningan Jawa Barat.

Sebanyak 56 santri berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz Alquran. Mereka diwisuda sebagai hafizh hafizhah pada acara haflah takharuj santri Madrasah Aliyah ponpes Husnul Khatimah tahun 2018.

Acara haflah takharuj santri kelas 12 Madrasah Aliyah Husnul Khatimah berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 20 Sya’ban, bertepatan dengan tanggal 5 Mei 2018, bertempat di lapangan ponpes yang telah “disulap” menjadi semacam gedung pertemuan yang cukup representatif.

Pada acara haflah tersebut, selain mewisuda santri kelas 12 yang semuanya lulus, menyematkan penghargaan pada 56 santri yang hafizh hafizhah, pihak yayasan dan ponpes juga memberikan penghargaan dengan kategori lain

Terpilih sebagai santri teladan putra adalah Azmi Abdul Latif dari kelas 12 PK (Pendidikan Keagamaan) berasal dari Sumedang dan terpilih sebagai santri teladan putri adalah Izzah Taqiyya binti M. Taufiqurrahman, kelas 12 IPS 3, berasal dari Kota Bogor, sekaligus merupakan siswa dengan akademik terbaik di jurusan IPS.

Selain itu juga diumumkan santri/wati yang memiliki prestasi akademik dan nilai UN tertinggi di masing2 jurusan.

Hadir dalam haflah tsb jajaran asatidz/h dari dewan pembina, dewan pengawas, pengurus yayasan Husnul Khatimah serta para ustdz dan ustdzah madrasah aliyah .

Tokoh masyarakat mulai kepala desa, camat dan Plt Bupati Kuningan turut hadir. Tak ketinggalan , hadir kepala Dinas Pendidikan propinsi Jawa Barat DR. Ir. Ahmad Hadadi, MSi.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan beberapa pesan untuk para santri/santriwati yang diwisuda. Di antara pesan disampaikan adalah agar para santri senantiasa menjaga Alquran, belajar tak kenal henti, terus mengikuti perkembangan teknologi untuk bisa membangun peradaban yang maju.

Sementara itu, mudir sekolah Husnul Khatimah, Ustadz Sabiqin Lc, menyampaiakan :

Ponpes Husnul Khotimah menggelar haflah takharuj angkatan XXI Sebanyak 399 santri mengikuti wisuda kelulusan tahun ini, dan 56 santri di antaranya hafal Alquran 30 Juz.

Pimpinan Ponpes, KH. Muhammad Sabiqin, Lc merasa bangga dan bersyukur atas peningkatan dibanding tahun sebelumnya. “ Alhamdulillah tahun ini yang hafizh dan hafizhah 30 Juz Alquran ada 56 santri, tahun sebelumnya ada 36 santri dan tahun sebelumnya lagi 28 santri” ungkapnya.

Hal membanggakan lainnya adalah santri yang diwisuda, seluruhnya lulus Pondok, Kemenag dan Quran 100 %. Ustadz Sabiqin menambahkan, selain itu 27 orang lulus PTN melalui jalur SNMPTN, masuk ranking ke-3 terbanyak MA/MAN se-jawa barat yang lulus SNMPTN. 10 orang lulus masuk Univ Islam Madinah Kerajaan Saudi Arabia.

Selain wisuda santri, pondok pesantren juga mengumumkan santri teladan tahun ini yaitu atas nama Azmi Abdul Latip, kelas 12 PK-1 asal Sumedang, dan Izzah Taqiyya, kelas 12 IPS-3 asal Bogor. Kemudian santri nilai akademik terbaik, dari jurusan IPA, diraih Luqman Abdan Syakuran asal singkawang dengan nilai rata-rata 94,13, jurusan IPS diraih Izzah taqiyya asal Bogor dengan nilai 93,34 dan jurusan PK diraih Khoirotunnida asal Lampung dengan nilai 91,91.

Ustadz Sabiqin berpesan kepada para santri yang diwisuda, “Jangan berhenti menuntut ilmu, ikhlaskan niat dalam mencarinya, juga jangan lupa untuk berusaha kuat mengalkannya. Ilmu itu pohon adapun amal itu buahnya, seorang tidak disebut alim kecuali mengamalkan ilmunya”.

“Ingatlah bahwa hidup itu adalah belajar, taka da kata berakhir untuk belajar, belajarlah dari pengalaman, belajarlah dari kesalahan, belajarlah dari kegagalan, belajarlah dari alam, belajarlah dari orang lain. Belajarlah bersyukur walau tak cukup, belajarlah ikhlas walau tak rela, belajarlah taat walau berat, belajarlah memahami walau tak sehati, belajarlah terus memberi walau tak dihargai.

Peduli walau tidak dihiraukan, belajarlah kuat meskipun kondisi badan dan jiwa lemah, belajarlah tersenyum saat terluka, belajarlah mengalah untuk menang, belajarlah berani maju meski rintangan menghadang, belajarlah menjadi terbaik dalam kumpulan orang-orang baik, demikianlah hidup itu belajar dan belajar.

“Saya menyampaikan bahwa seluruh civitas akademika pesantren mencintai dan menaruh harapan yang tinggi kepada kalian semua. Sudah banyak orang yang berilmu tapi belum banyak yang mengamalkannya, banyak sudah berikrar beriman, tapi hanya sedikit yang mampu istiqamah. Maka jadilah kalian orang yang berilmu dan mengamalkannya, menjadi orang yang beriman kepada Allah dan istiqamah di jalan-Nya.

Jadilah kalian alumni husnul khotimah ini arus kesolehan di manapun kalian berada bukan malah hanyut mengikut arus sehingga hilang kepribadian yang akhlaknya tergerus. Antum rijal hazhihil ummah, masyarakat bangsa dan negara ini menunggu tangan-tangan terampil kalian.

Beberapa program yang telah dilaksanakan oleh oleh lembaga, antara lain program “Praktek Dakwah Pengenalan Masyarakat, tahfizh super takhasus, program takhasus, halaqah, praktek mengajar dan mengelola lembaga pendidikan TPA dan masih banyak program lain bagi para santri/wati Husnul Khatimah untuk bekal kehidupan di masa mendatang.

Acara juga dimeriahkan dengan tampilan hiburan dari santri ponpes, membawakan lagu2 religi.

Sekali lagi selamat kepada seluruh hafizh hafizhah, wisudawan wisudawati santri Madrasah Aliyah pondok pesantren Husnul Khatimah, semoga tetap istiqamah dalam kebaikan, kelak di masa mendatang menjadi pemimpin yang mampu menghadirkan kesejahteraan bagi umat dan bangsa. (neni/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Sri Kusnaeni, S.TP. ME.I
Konsultan Ketahanan Keluarga RKI (Rumah Keluarga Indonesia). Tenaga Ahli Fraksi Bidang Kesra, Mitra Komisi viii, ix, x. Ibu dari 7 putra-putri penghapal Alquran. Lulusan S1 Jurusan Teknologi Pertanian IPB, dan S2 di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Lihat Juga

Launching Asrama Tahfizh ISQ, Gerbang Menuju Generasi Qurani