Home / Berita / Internasional / Asia / Anggaran Militer Arab Saudi Tertinggi Ketiga di Dunia

Anggaran Militer Arab Saudi Tertinggi Ketiga di Dunia

Saudi mengeluarkan 69,4 miliar dolar untuk militer. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Stockholm. Anggaran militer negara-negara di dunia tahun 2017 lalu mengalami peningkatan signifikan pasca Perang Dingin. Disebutkan Aljazeera, Rabut (02/05/2018), hal itu berdasarkan laporan yang dirilis oleh Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI).

Disebutkan, Amerika Serikat dan Cina menjadi negara urutan pertama dan kedua terbesar dalam anggaran militer. Sementara itu, Arab Saudi menempati peringkat ketiga dunia, dan mengungguli anggaran militer Rusia.

Menurut laporan SIPRI, anggaran belanja militer dunia pada 2017 mencapai 1,73 triliun dolar. Jumlah tersebut naik 1,1% dari tahun sebelumnya.

Amerika Serikat menjadi negara dengan anggaran militer tertinggi di dunia. Washington disebut mengeluarkan 610 miliar dolar untuk militer. Meski tidak ada perubahan tahunan, jumlah pengeluaran AS itu sama dengan sepertiga pengeluaran militer global.

Laporan SIPRI melanjutkan, Cina menempati posisi kedua terbesar dunia. Disebutkan, negara Tirai Bambu itu mengeluarkan dana sebesar 228 miliar dolar untuk militer. Jumlah pengeluaran militer Cina mengalami peningkatan sebesar 13% sejak tahun 208.

Sementara Arab Saudi, secara mengejutkan berada di posisi ketiga dan mengungguli Rusia. Selama tahun 2017, Riyadh disebut mengeluarkan 69,4 miliar dolar untuk militer.

Sedangkan Rusia mengalami penurunan seperlima dari tahun sebelumnya menjadi 66,3 miliar. Disebutkan, penurunan anggaran ini merupakan yang pertama kali di Rusia sejak 1998.

Posisi kelima dunia diduduki oleh Prancis dan India. Keduanya mengeluarkan 64 miliar dolar untuk belanja militer di tahun 2017.

Dalam keterangannya, SIPRI menyebut angka tersebut termasuk gaji pasukan, biaya operasional dan belanja senjata serta peralatan. Di samping juga anggaran untuk penelitian dan riset. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

[Foto] Suasana Shalat Ghaib untuk Khashoggi di Sejumlah Negara