Rusia Kenalkan Senjata Baru di Parade Militer Hari Kemenangan

Beberapa persenjataan baru akan dikenalkan Rusia 09 Mei mendatang. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Moskow. Setidaknya 12 Ribu prajurit dan puluhan peralatan perang dikerahkan dalam pelatihan militer di Rusia. hal ini sebagai persiapan pagelaran parade militer yang akan digelar pada 09 Mei mendatang sebagai peringatan Hari Kemenangan Rusia.

Dilansir Aljazeera, Sabtu (28/04/2018), pemerintah menutup sejumlah jalan di Moskow. Dalam parade itu nantinya Rusia akan memamerkan untuk pertama kali dua pesawat tanpa awaknya yang terbaru. Keduanya dirancang untuk pengintaian, serangan, dan perang elektronik.

Selain itu, kendaraan tempur lapis baja ‘Terminator’ juga turut tampil untuk pertama kalinya dalam parade mendatang.

Memang Terminator pernah muncul dalam parade militer tahun 2013 lalu. Namun kendaraan tersebut baru akan diadopsi secara luas pada 2019 mendatang.

Lebih lanjut Rusia juga akan menampilkan kendaraan pengangkut pasukan lapis baja dalam parade militer nanti. Sistem rudal taktis ‘Iskander-M’, tank ‘Armata’, kendaraan tempur infanteri ‘Kurganets’, serta sistem pertahanan udara ‘Tor-M2Dt’ juga tak ketinggalan ditampilkan.

Tanggal 09 Mei diperingati sebagai Hari Kemenangan di Rusia. Hari itu dianggap hari raya sebagai peringatan kapitulasi Jerman Nazi kepada Uni Soviet di akhir Perang Dunia Kedua. Hingga saat ini, parade militer menjadi acara utama dalam peringatan hari tersebut. (whc/dakwatuna)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...