Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu Turki dan Menlu Baru AS Bertemu; Koordinasi Utara Suriah?

Menlu Turki dan Menlu Baru AS Bertemu; Koordinasi Utara Suriah?

Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bersama Menlu Turki Mevlut Covusoglu. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Brussel. Menteri Luar Negeri Turki mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang baru saja dilantik, Jumat (27/04). Keduanya bertemu di sela-sela pertemuan Menlu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Brussel, Belgia.

Menurut Menlu Turki Mevlut Covusoglu, negaranya bersama AS akan mengambil langkah terkait situasi di Manbij, Suriah.

“Ada rencana kerja bersama antara Turki dan Amerika Serikat terkait Suriah,” ujar Covusoglu kepada wartawan, seperti dilansir Aljazeera, Sabtu (28/04/2018).

Covusoglu menambahkan, Pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi harus angkat kaki dari kawasan Manbij. Jika tidak, maka Turki terpaksa akan menggelar operasi militer untuk memberantasnya, tegas Menlu Turki itu.

Lebih lanjut, Covusoglu juga menyebut tidak ada Prancis dalam masa depan Manbij. Ia juga menyinggung kemungkinan baik bagi Turki untuk mendapat sistem pertahanan udara dari negara-negara sekutu.

Bagi Menlu Baru AS Mike Pompeo, pertemuan di Brussel itu merupakan yang pertama kali diikutinya. Bahkan ia harus bertolak ke Brussel hanya 12 jam setelah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Menlu AS. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization