Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu Turki dan Menlu Baru AS Bertemu; Koordinasi Utara Suriah?

Menlu Turki dan Menlu Baru AS Bertemu; Koordinasi Utara Suriah?

Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bersama Menlu Turki Mevlut Covusoglu. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Brussel. Menteri Luar Negeri Turki mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang baru saja dilantik, Jumat (27/04). Keduanya bertemu di sela-sela pertemuan Menlu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Brussel, Belgia.

Menurut Menlu Turki Mevlut Covusoglu, negaranya bersama AS akan mengambil langkah terkait situasi di Manbij, Suriah.

“Ada rencana kerja bersama antara Turki dan Amerika Serikat terkait Suriah,” ujar Covusoglu kepada wartawan, seperti dilansir Aljazeera, Sabtu (28/04/2018).

Covusoglu menambahkan, Pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi harus angkat kaki dari kawasan Manbij. Jika tidak, maka Turki terpaksa akan menggelar operasi militer untuk memberantasnya, tegas Menlu Turki itu.

Lebih lanjut, Covusoglu juga menyebut tidak ada Prancis dalam masa depan Manbij. Ia juga menyinggung kemungkinan baik bagi Turki untuk mendapat sistem pertahanan udara dari negara-negara sekutu.

Bagi Menlu Baru AS Mike Pompeo, pertemuan di Brussel itu merupakan yang pertama kali diikutinya. Bahkan ia harus bertolak ke Brussel hanya 12 jam setelah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Menlu AS. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Hamas: Menhan Israel Mundur, Kemenangan Politik bagi Gaza