Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Tanggapi Pernyataan Trump, Menlu Saudi: Qatar Juga Harus Bayar

Tanggapi Pernyataan Trump, Menlu Saudi: Qatar Juga Harus Bayar

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir. (dailybasarat.com)

dakwatuna.com – Riyadh. Menteri Luar Negeri Qatar menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat soal harga keberadaan pasukan AS di Suriah. Menurut Menlu Saudi itu, Qatar juga harus membayar sebelum AS menarik perlindungan kepada Doha.

Adel Al Jubeir menambahkan, Pemerintah di Qatar akan jatuh jika AS menarik pasukan atau memindahkan pangkalan militer Al Udeid yang berada di Doha.

Lebih lanjut, Al Jubeir juga mendesak Qatar untuk turut mengirim pasukan ke Suriah. Hal ini sebagai harga agar AS tidak menarik perlindungan, imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menyebut negara-negara di Teluk tidak akan bertahan satu pekanpun tanpa perlindungan AS. Ia juga meminta kepada negara-negara tersebut untuk menyerahkan uang kepada Washington untuk operasi Amerika di Suriah.

Lebih lanjut, saat konferensi pers dengan Presiden Prancis itu, Trump juga merinci besaran dana yang dikeluarkan AS untuk operasi di Suriah. Selama 18 tahun, katanya, AS mengeluarkan dana sebesar 7 miliar dolar. “Negara kaya di Timur Tengah harus menggantinya,” tegas Trump.

Sementara itu, Pakar Dunia Islam dan Arab, Salah Al Qadri mengatakan, pernyataan Menlu Saudi itu di luar norma-norma diplomatik. Tampaknya Al-Jubeir ingin memisahkan kemitraan Qatar dan AS, imbuh Al Qadri.

Orang yang tidak kenal, lanjut Al Qadri, akan menilai pernyataan Menlu Saudi itu berasal dari Menlu AS, atau Jubir Kongres, atau Jubir Pentagon.

Menurut Al Qadri, pernyataan semacam Qatar harus membayar dan Qatar harus mengirim pasukan ke Suriah, seharusnya diucapkan oleh Trump, bukan Menlu Saudi. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization