Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / The Guardian: Semua Indikator Perang Dunia Ada di Suriah

The Guardian: Semua Indikator Perang Dunia Ada di Suriah

Seorang anak mengendarai sepeda di tengah reruntuhan bangunan di Suriah. (Aljazeera.com)

dakwatuna.com – London. Baru-baru ini surat kabar Inggris, The Guardian, memuat tulisan jurnalis senior Simon Jenkins tentang situasi di Suriah. Menurut Jenkins, semua yang mengikuti informasi tentang Suriah pasti menyadari bahwa segala indikator yang ada mengarah pada perang dunia.

Namun Jenkins menyayangkan sikap pemimpin-pemimpin Barat yang menyikapinya sebagai konfrontasi besar. Seakan mereka tidak pernah belajar dari sejarah, imbuhnya.

Jenkins juga menyangkal pernah mendengar seorang pengamat yang menjelaskan serangan rudal ke Suriah akan membawa kemajuan pada proses perdamaian. Atau sekedar menjatuhkan diktatornya, Bashar Assad.

Sebaliknya, Jenkins menilai serangan ke Suriah hanya akan menghancurkan bangunan atau bahkan membunuhi lebih banyak manusia.

Sementara itu, Jenkins berpandangan bahwa waktu hukuman bagi penguasa Suriah adalah saat perang telah berakhir. Intervensi asing, lanjutnya, tidak akan membuat perbedaan, atau justru malah menunda berakhirnya perang.

Pada akhir tulisan dikatakan bahwa situasi di Suriah menunjukkan lemahnya fondasi perdamaian internasional. Terutama ketika keseimbangan kekuatan terpecah. Sementara negara adikuasa seakan tidak dapat tersentuh dengan situasi yang terjadi.

Krisis Suriah merupakan titik sentuh pertama antara Barat dan Timur sejak Perang Dingin. Tampaknya dunia harus bergantung pada Rusia, bukan AS, dalam hal kesabaran dan menahan diri. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization