Kejuaraan Debat Internasional Bahasa Arab; Turki Juara, Indonesia Tim Non-Arab Terbaik

Tim Turki keluar sebagai juara dalam ajang Debat Internasional Sekolah Bahasa Arab. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Doha. Turki dinobatkan sebagai juara dalam ajang Debat Internasional Sekolah Bahasa Arab yang digelar di Qatar. Kemenangan ini diraih setelah berhasil menyingkirkan perwakilan Lebanon.

Dilansir Aljazeera.net, Kamis (12/04), setelah tim Turki turun dari podium, presiden mereka, Recep Tayyip Erdogan dengan segera menghubungi dan mengucapkan selamat.

Setelah Turki dan Lebanon, pada posisi tiga dan empat diraih oleh tim dari Oman dan Pakistan. Sementara perwakilan Kuwait, Rayan Moayad Sayed Abdul Wahab Al Rifai, dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori pembicara perempuan terbaik.

Tim Indonesia juga turut andil dalam kejuaraan yang digelar dari tanggal 07 s/d 11 April tersebut. Setidaknya Indonesia berjaya sebagai tim non-Arab terbaik, serta mendapat pembicara non-Arab terbaik.

Pada putaran final, debat yang diselenggarakan  Qatar Debates itu mengambil tema “Intervensi Dan Sikap Politik Negara Besar Sebagai Sebab Utama Kemerosotan Negara-Negara Dunia Ketiga.” Tim Turki bertindak sebagai tim yang mendukung (pro), sementara tim Lebanon sebagai tidak mendukung (kontra).

Sebelumnya, pada tahun 2014 tim Turki juga telah memenangkan ajang ini. Sementara tahun 2018 kali ini, ajang debat diikuti oleh 15 negara Arab dan 35 negara non-Arab.

Ajang seperti ini telah rutin setiap tahunnya di gelar oleh Qatar sejak tahun 2011 lalu. Qatar Debates Center sendiri merupakan lembaga yang bernaung di bawah Qatar Foundation untuk pendidikan dan sains. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...