Topic
Home / Berita / Daerah / Peduli Hari Senja, Yakesma Santuni Para Lansia

Peduli Hari Senja, Yakesma Santuni Para Lansia

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Setiap manusia pasti mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan dari bayi sampai menjadi tua. Masa tua merupakan masa hidup manusia yang terakhir. Pada masa itu manusia mengalami kemunduruan fisik, mental, dan sosial sedikit demi sedikit sehingga tidak dapat melakukan tugasnya sehari-hari lagi. Para lansia banyak menghadapi berbagai masalah kesehatan yang perlu penanganan segera dan terintegrasi.

Ketika memasuki masa senjanya para lansia ini cenderung memiliki energi menurun, kulit mulai keriput, gigi mulai rontok, tulang makin rapuh dan sebagainya. Dengan menurunnya stamina para lansia, mereka tidak lagi dapat bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari. Minimnya perhatian dari keluarga mereka juga alasan para lansia ini kerap dirundung kesepian dan kesedihan di hari tuanya.

Sabtu (30/3/2018) bertempat di Kampung Kalang Anyar, Desa Kramat Paku Haji, Tangerang, Banten, Yakesma memberikan santunan kepada 19 orang lansia yang berusia 70 sampai 90 tahun. Tim Sosial Kemanusiaan Yakesma, mendatangi rumah rumah para lansia yang berada di kampung tersebut. Rumah para lansia umumnya terbuat dari bilik rotan. Tidak ada dinding apalagi cat dengan warna meriah, tidak pakai lantai keramik, penerangan hanya 1 di dalam rumah. Umumnya penglihatan para lansia sudah kurang berfungsi dengan baik, bicaranya juga tidak sejelas dahulu, berdiripun sudah tidak kuat lama lama.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, para lansia ini dibantu oleh tetangga sekitar yang bahu membahu memberi makan, minum dan air untuk mereka membersihkan diri. Dengan adanya santunan ini, Yakesma berharap dapat membantu masa-masa tua para lansia ini. (sb/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Hari Lansia Nasional, Ponpes Kasepuhan Raden Rahmat Gelar Pesantren Kilat Lansia

Figure
Organization