Home / Berita / Internasional / Asia / Penduduk Afrin di Turki Bersiap Kembali ke Kampung Halaman Mereka

Penduduk Afrin di Turki Bersiap Kembali ke Kampung Halaman Mereka

Anak-anak Afrin yang mengungsi di Turki. (Turkpress.co)

dakwatuna.com – Ankara. Penduduk Kota Afrin Suriah yang mengungsi ke Turki, bersiap untuk kembali ke kampung halaman mereka. Menurut laporan Daily Sabah, hal itu pasca keberhasilan Turki membersihkan kota Afrin unsur organisasi teroris, PKK.

Pengungsi Afrin banyak yang tinggal di Reyhanlı Provinsi Hatay Turki yang berbatasan dengan Suriah. Kepada Daily Sabah mereka banyak menceritakan soal tindakan represif yang dipraktikkan oleh Unit YPK, yang merupakan milisi kurdi di Suriah.

Hasan Abu Ali, seorang direktur di sebuah sekolah di Afrin salah satunya. Abu Ali menyebutkan dirinya terpaksa pergi ke Turki karena takut akan keamanan anak-anaknya. Ia menambahkan, “Teroris YPK membunuh kerabat dan menghancurkan rumah-rumah mereka.”

“Mereka (YPG) juga berusaha merekrut para pemuda. Saat ada yang menolak, mereka tak segan untuk menghancurkan rumah-rumah. Apapun dilakukan demi keputusan yang mereka buat,” kenang Abu Ali.

Lebih lanjut, Abu Ali juga menyampaikan kegembiraannya atas capaian operasi Ranting Zaitun Turki. “Kerabat kami mulai kembali ke rumah-rumah mereka. Tak ada ketakutan lagi setelah ini. Tidak pula ada yang akan menindas kami setelah ini,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Talal Kurdush, bapak sepuluh anak. Talal mengatakan, dirinya dan keluarganya merasa gembira dengan kabar bahwa Afrin telah bersih dari teroris.

“Kami sampai ke sini (Reyhanlı, red) sebab penindasan dan kerakusan. Kami menyaksikan banyak sekali hal-hal buruk di negeri kami. Tapi sekarang, kami sama sekali tidak merasa takut ataupun khawatir,” imbuh Talal.

Pemerintah Turki meluncurkan operasi Ranting Zaitun ke kota Afrin di perbatasan Suriah-Turki Januari lalu. Tujuannya adalah untuk membersihkan wilayah tersebut dari unsur teroris PKK/PYD/YPG.

Beberapa waktu lalu, pasukan Turki bersama dengan Tentara Pembebasan Suriah berhasil memasuki dan membebaskan pusat kota Afrin. (whc/dakwatuna)

Sumber: Turk Press

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Organization