Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ada Pembicaraan Rahasia antara Syiah Hutsi dan Arab Saudi, Benarkah?

Ada Pembicaraan Rahasia antara Syiah Hutsi dan Arab Saudi, Benarkah?

Sumber diplomatik menyebut ada pembicaraan rahasia antara Saudi dan Hutsi. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Doha. Dinukil dari kantor berita Reuters disebutkan, Arab Saudi yang memimpin aliansi Arab dan milisi Hutsi, mengadakan pembicaraan rahasia di Kesultanan Oman. Disebutkan, hal itu bertujuan untuk mengakhiri perang di Yaman yang mengakibatkan semakin memburuknya kondisi kemanusiaan di sana.

Dilansir, Jumat (16/03/2018), kabar Reuters itu bersumber dari diplomat dan pejabat Yaman yang tidak mau disebut namanya. Mereka menegaskan, Jubir Hutsi Muhammad Abdulsalam berkomunikasi langsung untuk menyelesaikan konflik dengan pejabat Saudi di Oman.

Sementara salah seorang diplomat mengatakan, perundingan Saudi-Hutsi itu tanpa dihadiri perwakilan pemerintah Yaman yang sah. Menurutnya, ada keinginan dar kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan sempurna.

Masih menurut sumber, kesepakatan itu diharapkan akan memulai gencatan senjata di seluruh negeri. Dengan begitu, diharapkan ada kesepakatan damai yang mengakomodir kepentingan seluruh pihak sengketa.

Pembicaraan kedua pihak, tambahnya, telah berjalan hampir dua bulan. Tujuannya untuk menyusun kerangka kerja solusi perdamaian, bertepatan dengan akan hadirnya utusan baru dari PBB. Utusan PBB tersebut adalah Martin Griffiths.

Reuters juga menyebutkan, pihaknya telah menghubungi dua pejabat pemerintah Abd Rabbuh Mansur Hadi yang mukim di Riyadh. Kedua mengaku tidak mengetahui adanya pembicaraan Saudi-Hutsi tersebut.

Sebelumnya, indikasi ini telah disebutkan Putra Mahkota Saudi Pangeran Muhammad bin Salman saat kunjungannya ke Mesir. Kala itu, Pangeran menyebut perang Yaman hampi sampai selesai tujuan untuk mengembalikan legitimasi dalam menghadapi milisi Hutsi. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

7 Manfaat Traveling saat Libur Kuliah Bareng Teman-Teman

Figure
Organization