Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar dan Maroko; Cakrawala Ekonomi Baru yang Menguat

Qatar dan Maroko; Cakrawala Ekonomi Baru yang Menguat

Pertemuan Komite Tinggi Bersama Qatar-Maroko. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Rabat. Para pengamat memperkirakan, hubungan ekonomi dan perdagangan antara Qatar dan Maroko semakin menguat dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini dipercaya sebagai cermin dari menguatnya hubungan politik kedua negara. Terutama dukungan Rabat pada Doha dalam hal krisis teluk yang tengah berlangsung.

Dilansir Aljazeera.net, Rabu (14/03/2018), telah digelar pertemuan sesi ke-7 Komite Tinggi Bersama Qatar-Maroko di Rabat, Selasa (13/03) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, kedua negara menandatangani 11 kesepakatan dan MoU di bidang perdangangan, transportasi, pertanian dan perumahan.

Selain itu, Maroko dan Doha juga menyepakati pengawasan keuangan, industri tradisional, investigasi pencucian uang dan beberapa bidang lain.

Lebih lanjut, kedua pihak juga mengumumkan pembentukan komite perdagangan bersama dan pembukaan jalur pelayaran antara pelabuhan Maroko dengan pelabuhan internasional Hamad

Para pejabat kedua negara juga menyampaikan keinginan kuat untuk memperkuat kerjasama bilateral. Selain juga mengembangkan kemitraan strategis kedua negara.

Dalam hal ini, Menteri Dalam Negeri Qatar, Syaikh Abdullah bin Nasher Al Tsani mengatakan, negaranya akan menjajaki prospek baru untuk kerjasama strategis dengan Maroko.

Hal senada juga disampaikan PM Maroko Saad Eddine El Othmani. Ia mengatakan, pertemuan komite tinggi ini menunjukkan kedalaman hubungan historis Qatar dan Maroko. Selain itu, ia juga mengundang para investor Qatar untuk meningkatkan investasi di negaranya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization