Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar dan Maroko; Cakrawala Ekonomi Baru yang Menguat

Qatar dan Maroko; Cakrawala Ekonomi Baru yang Menguat

Pertemuan Komite Tinggi Bersama Qatar-Maroko. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Rabat. Para pengamat memperkirakan, hubungan ekonomi dan perdagangan antara Qatar dan Maroko semakin menguat dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini dipercaya sebagai cermin dari menguatnya hubungan politik kedua negara. Terutama dukungan Rabat pada Doha dalam hal krisis teluk yang tengah berlangsung.

Dilansir Aljazeera.net, Rabu (14/03/2018), telah digelar pertemuan sesi ke-7 Komite Tinggi Bersama Qatar-Maroko di Rabat, Selasa (13/03) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, kedua negara menandatangani 11 kesepakatan dan MoU di bidang perdangangan, transportasi, pertanian dan perumahan.

Selain itu, Maroko dan Doha juga menyepakati pengawasan keuangan, industri tradisional, investigasi pencucian uang dan beberapa bidang lain.

Lebih lanjut, kedua pihak juga mengumumkan pembentukan komite perdagangan bersama dan pembukaan jalur pelayaran antara pelabuhan Maroko dengan pelabuhan internasional Hamad

Para pejabat kedua negara juga menyampaikan keinginan kuat untuk memperkuat kerjasama bilateral. Selain juga mengembangkan kemitraan strategis kedua negara.

Dalam hal ini, Menteri Dalam Negeri Qatar, Syaikh Abdullah bin Nasher Al Tsani mengatakan, negaranya akan menjajaki prospek baru untuk kerjasama strategis dengan Maroko.

Hal senada juga disampaikan PM Maroko Saad Eddine El Othmani. Ia mengatakan, pertemuan komite tinggi ini menunjukkan kedalaman hubungan historis Qatar dan Maroko. Selain itu, ia juga mengundang para investor Qatar untuk meningkatkan investasi di negaranya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Rekonsiliasi Tidak Gratis, Israel Jamin Keamanan Arab Terhadap Ancaman Iran

Figure
Organization