Home / Berita / Silaturahim / Forum Zakat dan PKPU HI Salurkan Bantuan Solar Panel untuk Pengungsi Rohingya

Forum Zakat dan PKPU HI Salurkan Bantuan Solar Panel untuk Pengungsi Rohingya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Forum Zakat dan PKPU HI Menyalurkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingya. (Kis/PKPU HI)

dakwatuna.com – Cox’s Bazar.  Meningkatnya intensitas konflik terhadap etnis Rohingnya mendorong gelombang ribuan pengungsi baru melintasi perbatasan Myanmar – Bangladesh. Menurut UNHCR, saat ini jumlah pengungsi rohingya yang tersebar di perbatasan kedua negara telah mencapai angka 1 juta jiwa dimana sebagian besar adalah anak-anak. Mereka tinggal di tenda-tenda sementara dengan kondisi kebutuhan dasar yang jauh dari memadai.

Merespon hal tersebut, Forum Zakat (FOZ) bersama PKPU HI bekerjasama menyalurkan bantuan Solar Panel, Tikar serta Kelambu untuk keluarga pengungsi baru Rohingya yang melintasi perbatasan pada 10 hari pertama Februari 2018.

Mereka tinggal dalam tenda-tenda tanpa penerangan serta beralaskan tanah. Penerima bantuan ini diprioritaskan bagi para kelompok rentan yang terdiri dari wanita hamil, Ibu dengan balita, serta lansia. Bantuan berupa paket tikar dan kelambu untuk 380 keluarga serta Solar Panel untuk 100 keluarga pengungsi rohingya. Setiap keluarga rohingya umumnya terdiri dari 5 hingga 8 anggota keluarga.

Dengan bantuan ini, keluarga pengungsi dapat merasakan penerangan di malam hari. Mereka dapat tidur dengan alas yang lebih baik dari semen atau tanah yang merupakan lantai dari tenda sementara mereka saat ini. Kondisi tempat tinggal mereka juga banyak dikelilingi oleh genangan air yang dapat memicu jentik nyamuk. Dengan bantuan kelambu diharapkan dapat menghindarkan mereka dari gangguan nyamuk di malam hari. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Warga Butuh Hubungi Keluarga, PKPU Human Initiative Sediakan Charge Portable Saat Sumber Listrik Padam Total