Topic
Home / Berita / Silaturahim / Peduli Gizi Anak Bangsa, PKPU HI Gelar Kegiatan Edukasi Gizi

Peduli Gizi Anak Bangsa, PKPU HI Gelar Kegiatan Edukasi Gizi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Kegiatan Edukasi gizi di PAUD Teratai 05 Sunter Agung, Ahad (4/3/2018). (Kis/PKPU HI)

dakwatuna.com – Jakarta. Puluhan anak-anak PAUD Teratai 05 Sunter Agung beserta Walimurid ikuti kegiatan Edukasi Gizi yang diselenggarakan oleh Volunteer PKPU HI. Kegiatan yang bertajuk Gerakan “Peduli Gizi Anak Bangsa” ini didasari keprihatinan terhadap kasus gizi buruk di Asmat, Papua dan kepedulian akan gizi anak-anak bangsa.

Sebagaimana kita ketahui akhir tahun 2017 lalu puluhan anak-anak di Asmat, Papua terenggut jiwanya karena kasus gizi buruk. PKPU Human Initiative merespon dengan mengirimkan tim kemaunisaan dan memberikan bantuan untuk mencegah bertambahnya korban jiwa.

“Berangkat dari hal itu, Volunteer PKPU HI menginisiasi project gerakan Peduli Gizi Anak Bangsa di lingkungan terdekat untuk berbagi pengetahuan seputar gizi. Ini bentuk upaya pencegahan bertambahnya kasus gizi buruk di Indonesia,” terang Head of Volunteer PKPU HI, Evi Kusumawardani.

Kegiatan ini berlangsung sejak Minggu pagi (4/3/2018) bertempat di Aula PAUD Teratai 05, Jalan Sunter Muara, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Kegiatan ini dimulai dengan operasi timbang. Mengukur dan mencatat berat dan tinggi badan anak – anak.”, pungkas Evi.

Anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan Edukasi Gizi ini, mereka diajak mengenal lebih jauh tentang sayuran dengan mewarnai, bernyanyi, serta bermain games. Aksi ini didasari untuk menanamkan kecintaan anak – anak dengan sayuran dan gerakan makan sayur.

Tak hanya itu, dalam menanamkan kecintaan anak-anak terhadap sayuran, kakak-kakak Volunteer PKPU HI juga memberikan bibit tanaman kangkung serta mendampingi anak-anak dalam proses menanam bibit di dalam polybag untuk kemudian dirawat dan dibawa pulang kerumah masing-masing.

Di tempat terpisah yakni RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Sunter Agung, Volunteer PKPU HI yang memiliki basic keilmuan dibidang gizi dan kesehatan berbagi pengetahuan dan edukasi gizi kepada ibu-ibu, yang dilanjutkan demo masak sayuran yang tepat sehingga kandungan vitaminnya tidak banyak hilang serta membuat makanan sehat yang disukai anak-anak yakni nugget sayur.

Dipenghujung kegiatan, hasil dari demo memasak oleh ibu-ibu menjadi menu makan siang yang disantap bersama-sama. Anak-anakpun terlihat begitu lahap menyantap menu makanan dengan gizi seimbang ini, yang diharapkan dapat diterapkan dirumah mereka masing-masing selepas kegiatan Edukasi Gizi ini.

Kegiatan Edukasi Gizi yang diinisiasi oleh volunteer dan didukung oleh PKPU Human Initiative ini menjadi sebuah inspirasi bahwa kepeduliaan terhadap gizi anak-anak bangsa dapat dimulai dari lingkungan sekitar kita.

“Kegiatan Volunteer ini dilakukan karena keinginan dari kita sendiri, karena berbagi dengan yang lain itu bisa membuat kita bahagia,” ungkap Leader Volunteer Project, M. Khubaib.

Dan menjadi seorang volunteer dapat dilakukan oleh siapa saja, beragam profesi dan usia. Seperti Volunteer PKPU HI termuda yang masih duduk dibangku kelas XI sebuah sekolah di Tangerang, Nurul Muhadlarah, menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini ia belajar yang namanya berbagi dan mengetahui kondisi sosial di lingkungan masyarakat. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

UNICEF: Di Yaman, Satu Anak Meninggal Setiap 10 Detik

Figure
Organization