Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / OIC Youth: Al-Quds Ibukota Pemuda Islam 2018

OIC Youth: Al-Quds Ibukota Pemuda Islam 2018

Konferensi OIC Youth yang digelar di Ramallah, Palestina. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ramallah. Forum Pemuda Islam untuk Dialog dan Kerjasama (ICYF-DC) menggelar konferensi di ibukota otoritas Palestina, Ramallah, Selasa (06/02) kemarin. Konferensi yang dihadiri oleh perwakilan dari 27 negara itu, memutuskan Al-Quds sebagai ibukota bagi pemuda Islam dunia 2018.

Dilansir Aljazeera.net, Rabu (07/02/2018), para peserta menegaskan, pemuda Palestina memerlukan program pendukung yang berguna untuk memperkuat peran mereka dalam menghadapi penjajah Israel.

Selain itu, para peserta juga meluncurkan program solidaritas dengan tema ‘Al-Quds Ibukota Pemuda Islam 2018’. Kegiatan ini bermaksud untuk menyatukan langkah dunia Arab dan Islam dalam mendukung pemuda Palestina.

Menanggapi hal itu, Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas menekankan identitas Arab yang melekat erat pada Kota Al-Quds. Dalam pidatonya, ia juga menegaskan penolakan terhadap keputusan Presiden Donald Trump tentang Al-Quds ibukota zionis Israel.

Konferensi tersebut juga diikuti oleh lebih dari 35 organisasi kepemudaan. Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai seperti mengkoordinir program pemuda Islam di dalam dan luar Al-Quds, mempromosikan program pembangunan berkelanjutan, serta mengkonsolidasi konsep dialog antar budaya dan peradaban.

ICYF-DC sendiri merupakan sayap dari Organisasi Kerja sama Islam Muda (OIC Youth). Sementara konferensi tersebut digelar di Kantor Kepresidenan Palestina di Ramallah, Tepi Barat.

Menurut Samir Bakar, Asisten Sekjen urusan Palestina, pemilihan Al-Quds sebagai ibukota pemuda Islam memiliki banyak makna. Hal itu yang akan menjembatani sektor pemuda dalam memperkuat hubungan sosial, kebudayaan, politik, ekonomi dengan pemuda Palestina, imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengirim surat kepada para peserta konferensi. Melalui surat itu ia menegaskan, pelestarian status Al-Quds sangat penting bagi perdamaian dan stabilitas Timur Tengah. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization