Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Bisnis  Syariah

Bisnis  Syariah

Ilustrasi. (Foto: dolmetscher-avdimetaj.com, Modifikasi: dakwatuna.com/hdn)

Oleh Pratiwi Rahmadani, Mahasiswi STEI SEBI Depok

dakwatuna.com – Rafi bin Khadij bertanya kepada Rasulullah SAW,”Penghasilan apakah yang paling baik?” Dari hadis riwayat Ahmad, Rasulullah menjawab,” Penghasilan seorang dari jerih payah tangannya sendiri dan setiap jual yang beli yang mabrur.”

Dari hadist diatas kita dapat menyimpulkan bahwasannya Rasulullah menyarankan agar kita berdagang karena sukses nya orang adalah 99% dari berdagang atau berniaga.

Kenapa kita tidak mencoba untuk mulai berbisnis? Kita sebagai generasi muda mengapa kita tidak mencontoh junjungan kita? Berbisnis juga adalah hal hal yang di sukai Rasulullah SAW.

Kalau kita sudah mulai tergerak hatinya dan sudah mulai terbuka matanya, Kita bisa mulai belajar berdagang. Berikut beberapa contoh bisnis syariah yang  cocok dilakukan atau dijalankan anak muda dan mendatangkan keuntungan yang lumayan besar.

Pakaian Distro

Pada zaman sekarang, Kalau kita lihat pakaian distro identik dengan produk yang unik dan menarik, Dan rata rata yang menggunakannya adalah kalangan anak muda.

Untuk beberapa pakaian pun bisa di design agar tidak melanggar syariah islam dan hasil nya pun tetap gaya. Misalnya baju kaos kemudian di design dengan simbol simbol islam dan di cetak dengan semenarik mungkin agar para kaum muda tertarik untuk membelinya.

Kafe syariah

Kafe syariah ini bisa dijadikan tempat untuk berbisinis. Apalagi sekarang anak muda sering ngumpul di tempat seperti kafe ini. Konsep dari kafe ini adalah menyediakan kuliner yang halal dan tidak menyediakan minuman yang beralkohol meski kadarnya rendah. Selain menyediakan makanan dan minuman yang halal kita juga harus menwarkan pengolahan yag higenis karena kebersihan adalah sebagian dari iman dan islam sangat menyukainya. Kemudian penyajiannya juga harus dilakukan dengan benar agar pelanggan puas dan tidak menyesal telah mengeluarkan uangnya. Kalau seperti inii bisa dinikmati oleh para muslim maupun non muslim.

Agen travel

Agen travel ini cocok dilakukan untuk anak muda. Selama ini turis yang datang ke negara kita berasal dari kawasan Eropa dan Asia Timur. Tugas anak muda saat ini adalah mendesign dengan sebaik mungkin dan melakukan promosi yang menarik. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilusi Band: Islam Tidak Ajarkan Berbohong Meski Untuk Kebaikan