Topic
Home / Berita / Silaturahim / Tanggap Bencana, IZI Salurkan Bantuan pada Korban Bencana Gempa di Lebak Banten

Tanggap Bencana, IZI Salurkan Bantuan pada Korban Bencana Gempa di Lebak Banten

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Penyaluran Bantuan Kepada Korban Gempa di Lebak, Banten. (Ricky/IZI)

dakwatuna.com – Banten.  Gempa yang terjadi selama dua hari turut berturut-turut menyebabkan banyak korban serta tempat tinggal yang roboh. Hal tersebut terjadi pada tanggal 23 dan 24 Januari di Lebak, Provinsi Banten.

Menanggapi kejadian tersebut, Direktur Utama (Dirut) Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisaitif Zakat Indonesia (IZI) Wildhan Dewayana menyatakan bela sungkawa atas terjadinya musibah bencana gempa di Lebak, Banten. Menurutnya, lembaga zakat tidak hanya mengurusi kaum dhuafa yang berada di daerah aman bencana, hal ini berlaku bagi masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam apapun.

“Kami keluarga besar IZI menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat Lebak di Banten atas terjadinya tragedi bencana gempa disana. Perlu diketahui bahwa lembaga zakat tidak hanya mengurusi kaum dhuafa yang berada di daerah aman bencana saja, hal ini berlaku juga bagi masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam apapun.” Demikian disampaikan Dirut IZI Wildhan Dewayana di Jakarta pada Kamis (25/1/2018).

Wildhan menambahkan bahwa pihaknya melalui tim Layanan Mobile Mustahik (LAMMUS) telah melakukan survey bersama pemerintah dan warga setempat di tempat kejadian perkara, yakni lokasi bencana gempa, serta memberikan bantuan langsung kepada warga korban bencana.

“Sudah dua hari tim LAMMUS IZI berada di tempat kejadian perkara, mereka mengawali dengan koordinasi dengan pemerintah, aparat dan warga setempat untuk mendata berapa banyak korban yang tertimpa musibah, yang selanjutnya kami langsung salurkan bantuan kepada korban di Lebak.” Ujar Wildhan.

Adapun menurut Pradaya selaku Kepala Perwakilan IZI Banten, pihaknya bersama tim LAMMUS telah menyalurkan bantuan Sembako, Pakaian, Obat-obatan serta biaya hidup sehari-hari kepada Korban Bencana Gempa di Lebak.

“Di hari pertama kami koordinasi dengan pemerintah, aparat serta warga setempat untuk meminta izin serta meminta data mengenai jumlah warga yang terkena bencana. Dan di hari ini kami langsung salurkan bantuan kepada mereka berupa Sembako, Pakaian, Obat-obatan, serta biaya hidup sehari-hari. Dan bila memungkinkan, selanjutnya kami akan memberikan bantuan reparasi rumah untuk warga disini.” Tutur Pradaya.

Anwar Soleh Hidayat, salah warga di Kecamatan Cilograng, Lebak menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkan oleh IZI.

“Kondisinya memang begini, belum lagi pada hari Rabu terjadi gempa susulan sehingga memakan banyak tempat yang rusak, sehingga warga-warga disini utamanya membutuhkan sandang, pangan dan papan terlebih dahulu. Semoga IZI dapat membantu perbaikan rumah warga disini, dan itu tentu kami mengucapkan terima kasih atas respon tanggapnya.” Anwar memungkasnya. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Tujuh Kompleks Pengungsi Sulteng Diresmikan ACT

Figure
Organization