Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Slovenia Siap Beri Pengakuan Kedaulatan Kepada Palestina

Slovenia Siap Beri Pengakuan Kedaulatan Kepada Palestina

Mahmoud Abbas bersama para Menlu negara-negara UE di Brussel, Belgia. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ljubljana. Menteri Luar Negeri (Menlu) Slovenia, Karl Erjavec mengatakan, pemerintahnya berharap Parlemen Slovenia memutuskan untuk mengakui negara Palestina. Disebutkan, jika itu terjadi maka Slovenia akan menjadi negara kedua di Uni Eropa (UE) yang memberikan pengakuan terhadap Palestina.

Dilansir dari Aljazeera.net, Selasa (23/01/2017), Erjavec menyebut UE akan mendukung langkah tersebut. Dengan syarat, Parlemen juga memberikan lampu hijau pada proposal pengakuan itu.

Erjavec meyakini, pengakuan Slovenia akan memperkuat sikap dan kontribusinya dalam proses perdamaian di Timur Tengah. Pernyataannya itu disampaikan di Brussel saat bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas.

Dari 28 negara anggota UE, Swedia merupakan negara pertama yang mengakui secara resmi terhadap negara Palestina pada tahun 2014 silam. Sementara delapan negara lain seperti Republik Ceko, Slowakia, Hungaria, Bulgaria, Rumania, Malta dan Siprus, telah melakukan hal yang sama sebelum bergabung ke UE.

Disebutkan, Komite Hubungan Internasional di Parlemen Slovenia akan menggelar pertemuan pada 31 Januari mendatang. Pertemuan itu menjadi kesepakatan awal sebelum dibawa ke Parlemen untuk voting. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization