Respon Bencana Kekeringan, PKPU-HI Lanjutkan Pembangunan Sumur di Somalia

PKPU HI membangun sumur sumur pompa dan artesis di 6 propinsi di Somalia. (kis/pkpu hi)

dakwatuna.com – Somalia.  Air dan sanitasi adalah kebutuhan penting dalam kelangsungan hidup. Penduduk terdampak bencana secara umum lebih mudah terjangkit penyakit yang umumnya karena tidak memadainya pasokan air dan sanitasi. Namun ironisnya, masih banyak negara negara di kawasan Afrika yang sering dilanda krisis dan bencana kekeringan.

Adalah Somalia sepanjang periode tahun 2016 merupakan salah satu kawasan di Afrika yang hampir sebagian besar wilayahnya dilanda kekeringan berkepanjangan.

Terlebih sebagai negara yang masih sering terjadi konflik, kondisi ini semakin menambah daftar penderitaan penduduk.

Berdasar laporan PBB terakhir, lebih dari 2 juta penduduk Somalia harus mengungsi karena kekeringan dan konflik bersenjata yang masih terjadi.

Merespon hal tersebut, maka pada akhir bulan November 2017, PKPU Human Inktiative telah memulai pembangunan sumur pompa dan artesis sebagai upaya menghentaskan krisis kemanusiaaan akibat bencana kekeringan dan konflik perang.

“Setiap orang mempunyai hak atas air dan sanitasi. Hak ini diakui oleh hukum internasional. Sehingga memberikan akses fisik dan terjangkau terhadap air yang memadai, aman, dapat diterima merupakan hal yang penting,” ungkap Tim International Recovery PKPU-HI, Kaimudin.

Bantuan sumur pompa dan artesis ini telah menjangkau 6 propinsi. Sementara Middle Shabele, Lower Shabelle dan Somali land pembangunan sumur dilakukan khusus untuk jenis artesis.

Khusus untuk sumur artesis dapat memenuhi kebutuhan untuk 550 keluarga di pedesaan dan hampir 2500 keluarga di perkotaan.

Semua titik pengeboran telah menemukan mata air. Sumur-sumur ini akan ditunjang dengan bangunan pendukung diantaranya, rumah genset, wadah untuk ternak dan instalasi solar cell.

“Walaupun belum selesai seluruhnya, namum warga disekitar sumur sudah memanfaatkan air dari hasil pengeboran yang ada,” terang Kaimudin.

Selain untuk kebutuhan penduduk, sumur ini juga melayani kebutuhan minum ternak yang disediakan khusus tempatnya dan pengairan kebun pekarangan. PKPU Human Initiative terus berkomitmen untuk melaksanakan program-program recovery yang berkesinambungan. (SaBah/dakwatuna)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...