PKPU HI Kaltim Adakan Trauma Healing untuk Anak-anak Korban Kebakaran

PKPU HI mengadakan acara Trauma Healing untuk anak-anak korban kebakaran di Kelurahan Klandasan Ulu, Ahad (7/1/2018) (kis/pkpu hi)

dakwatuna.com – Balikpapan.   Kebakaran yang terjadi di RT 11, RT 12 ,RT 13, RT 22 dan RT 23 Kelurahan Klandasan Ulu pada hari Jumat (5/1/2018) masih menyisakan kesedihan dari para korban khususnya anak-anak.

Sebagai upaya mengobati trauma mereka, PKPU Human Initiative Kaltim menggelar aksi Trauma Healing di Lapangan Parkir Pemkot Balikpapan, Minggu (7/1/018).

Trauma Healing merupakan penyelenggaraan kegiatan bagi komunitas yang terdampak bencana khususnya anak-anak dan kelompok rentan yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma dengan membuat bahagia, semangat, dan lebih peka menyikapi keadaan yang ada.

“Harapan kami pasca kebakaran khususnya anak-anak tidak terjadi trauma psikis, kita ajak mereka senang-senang dengan mengadakan beberapa kegiatan dengan berbagai komunitas yang ada di Balikpapan,” ungkap Agus Kuswanto, Relawan Rescue PKPU Human Initiative yang merupakan koordinator acara.

Pada kegiatan kali ini, anak – anak korban kebakaran mengikuti berbagai macam aktifitas mulai dari story telling, game, ice breaking, mendongeng, hingga mewarnai. Selain itu psikis anak – anak secara langung dimonitoring melalui program psikolog dari Komunitas HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa Komunitas di Balikpapan diantaranya PMI, Stekpala, KRM Uniba, Kopaja, Himpa, 1000 Guru, Hipmi, MTMA EAST BORNEO, Muda mengajar, Aliansi Bikers Sosial, CAKEP, Balikpapan membaca, dan BIOS.

Selain Proogram Trauma Healing PKPU HumanInitiative sebelumnya juga sudah mendirikan Posko Dapur Air di Lokasi pengungsian sementara. Kedepannya PKPU Human intiative akan mendirikan Serambi nyaman untuk balita dan kelompok rentan.

Untuk diketahui, sebelumnya kebakaran yang terjadi di Kawasan Padat Penduduk Kelurahan Klandasan Ulu telah menghanguskan 101 rumah. Sebanyak 147 KK kehilangan tempat tinggal mereka.Kebakaran kali ini juga merenggut korban jiwa yaitu seorang ibu dan 3 orang anaknya.

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...