Topic
Home / Berita / Perjalanan / Tetap Waspada, Ini Panduan Naik Kereta di Malam Hari

Tetap Waspada, Ini Panduan Naik Kereta di Malam Hari

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Sumber: flickr.com dimasfaizhartomoputro

dakwatuna.com – Naik kereta api adalah alternatif transportasi yang nyaman, terlebih untuk perjalanan jarak jauh. Selama perjalanan, kamu bisa sesekali jalan-jalan antar gerbong dan duduk dengan jarak kaki yang nyaman sehingga kamu nggak bakal bosan dan badan pun bisa istirahat dengan tenang.

Kini perjalanan dengan kereta api pun lebih nyaman dan membeli tiketnya juga mudah. Salah satu caranya memesan tiket kereta adalah dibeli dengan cara online lewat Traveloka. Selain itu PT KAI juga menyediakan gerbong yang bersih, tingkat pengamanan ekstra, gerbong ber-AC dan bebas asap rokok, serta makanan lezat selama perjalanan.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, kini hanya penumpang yang memiliki tiket dan sesuai dengan tanda pengenal yang diperbolehkan masuk ke dalam area stasiun dan juga gerbong. Hal ini memiliki beberapa tujuan, yang utama adalah menjaga keamanan penumpang baik selama di stasiun maupun sepanjang perjalanan.

Namun demikian, kamu sebagai penumpang tetap harus waspada dan awas pada keadaan sekitar. Karena dalam satu rangkaian kereta ada ratusan orang yang menaikinya, tentu tidak semuanya adalah orang baik dan tidak punya pikiran buruk.

Hal yang harus kamu waspadai adalah ketika naik kereta dengan perjalanan malam. Biasanya, perjalanan malam mudah membuat ngantuk dan terlelap tidur di sepanjang perjalanan.

Agar perjalananmu tetap lancar, coba beberapa tips berikut ini untuk perjalanan malam naik kereta api.

Bawa Tas Kecil

Pisahkan barang berharga dengan tas pakaian, simpan yang penting dalam tas kecil dan selalu letakkan tas itu melekat dengan badan.

Pakai Jaket Dengan Kantong di Dalam

Perjalanan dengan kereta api di malam hari pastinya membuat kamu kedinginan. Selain membuat tubuh tetap hangat, jaket dengan kantong di dalam juga berfungsi untuk tempat menyimpan benda penting seperti ponsel dan dompet. Kartu-kartu penting letakkan di kantong bagian dalam jaket ini, sehingga kamu bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan.

Letakkan Tas Laptop Melekat Dengan Badan

Harus membawa laptop untuk perjalanan jarak jauh, pastikan membawa tas tersendiri dan selalu letakkan melekat dengan badan. Jangan simpan laptop bersama dengan tas pakaian, karena masih rawan untuk diambil pencuri.

Pilih Tempat Duduk Dekat Dengan Dinding Gerbong

Duduk mepet dengan sisi samping gerbong membuat posisimu sulit untuk dijangkau penjahat. Letakkan tas yang berisi barang berharga di sisi yang mepet dengan gerbong, sehingga tak bisa dijangkau oleh orang lain.

Berkomunikasi Dengan Penumpang Lain

Ajaklah teman sebangkumu ngobrol. Dari perkenalan ini, kamu akan tahu identitas mereka dan bisa meminta tolong jika terjadi sesuatu kepadamu. Membuka obrolan singkat selama perjalanan memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah ada yang menjaga ketika kamu tertidur lelap.

Jangan Letakkan Kartu-kartu Penting Dalam Satu Wadah Yang Sama

Pisahkan antara ATM, KTP, SIM dan kartu penting lainnya di tempat yang berbeda. Jadi kalaupun terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan, setidaknya hanya salah satu saja yang hilang, tidak semuanya raib. Hal yang sama juga berlaku untuk tiket dan juga uang, letakkan di tempat terpisah.

Khusus buat kamu yang membeli tiket kereta api di Traveloka dengan beberapa tujuan sekaligus, tak perlu langsung print semua tiket dalam satu waktu. Lakukan masing-masing sebelum kereta berangkat, sehingga kamu tidak khawatir kehilangan tiket selama perjalanan.

Tetap waspada dan perhatikan lingkungan sekitar selama perjalanan. Waspada dan hati-hati lebih baik daripada terjadi hal tak diinginkan ketika naik kereta api di malam hari. (sb/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization