Home / Berita / Internasional / Asia / Rusia Sepakat Pasok Rudal S-400 ke Turki

Rusia Sepakat Pasok Rudal S-400 ke Turki

Penyebaran rudal Rusia yang membuat Amerika khawatir. (aljazeera)

dakwatuna.com – Ankara. Turki dan Rusia, Jumat (29/12/2017), menandatangi kesepakatan untuk memasok sistem rudal milik Rusia, S-400, ke Ankara. Sebelumnya, kesepakatan pembelian telah diteken kedua pihak empat bulan yang lalu.

Dilansir Aljazeera.net, kesepakatan belanja rudal senilai 2,5 miliar dolar itu menimbulkan kekhawatiran di pihak negara-negara Barat. Sebabnya, karena Turki merupakan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Sementara sistem rudal itu tidak mungkin diintegrasikan ke dalam struktur militer NATO.

Sementara pada Oktober lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan tegas menyatakan akan terus menjalankan proyek tersebut. Menurutnya, tidak akan ada masalah dalam pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia.

Saat itu, Erdogan mengatakan tidak ada rencana produksi gabungan pada tahap awal pembelian rudal negaranya. “Namun pada tahap kedua kita akan melakukan produksi bersama, dengan izin Allah,” tambahnya.

Lebih lanjut Erdogan juga menyatakan, kesepakatan pembelian sistem rudal itu merupakan kesepakatan terbesar antara kedua negara. “Dan itu merupakan permulaan,” katanya.

S-400 merupakan sistem rudal yang mampu menghancurkan target yang berada ditempat jauh. Rudal ini mampu menghancurkan pesawat musuh yang berjarak antara tiga hingga 240 kilometer. Sementara rudal hanya memerlukan waktu lima menit sehingga siap untuk diluncurkan. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Foreign Policy: Iran Bermain Api di Suriah

Organization