Topic
Home / Berita / Silaturahim / Pelatihan Dasar Memanah Bagi Anggota RISKA, Remaja Masjid Sunda Kelapa

Pelatihan Dasar Memanah Bagi Anggota RISKA, Remaja Masjid Sunda Kelapa

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Sabtu 16/12/2017. Cibodas Jawa Barat. Seratus anggota RISKA (Remaja Masjid Sunda Kelapa) mengikuti pelatihan memanah tingkat dasar Gema Archery Jakarta.

Acara ini merupakan salah satu acara pembuka dalam training sekaligus tafakur alam tahunan yang dilakukan oleh pengurus kepada anggota baru RISKA di Buperta Mandawalangi.

Akmal Junmiadi, salah seorang instruktur, juga Managing Director Gema Archery Jakarta menuturkan, “Dalam pelatihan ini sebelum melakukan simulasi memanah para peserta diberikan pemahaman terlebih dahulu dengan briefing mengenai wawasan terkait tujuan memanah yang menekankan pembentukan karakter pada aspek ketenangan (Calm), kefokusan (Focus), keberanian (Brave) dan mental pemenang (Win). Sehingga empat aspek tersebut dapat juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui sarana olahraga memanah.”

“Memanah tidak hanya sekedar Sunnah Rasulullah tetapi juga bermanfaat dalam membangun karakter. Itu sebabnya kenapa dalam membentuk kematangan dalam kehidupan muslim sejak dini, Rasulullah juga sering memberikan arahan kepada ummatnya melalui banyaknya hadist terkait olahraga ini. Selain berenang dan berkuda, memanah lebih membentuk aspek psikologis selain fisik,” ungkap alumni Universitas Negeri Jakarta ini.

“Setelah mendapatkan briefing awal, para peserta diarahkan menuju lapangan simulasi dan dibagi ke dalam lima kelompok ikhwan-akhwat (red: laki-laki dan perempuan) yang diberikan alat panahan untuk memanah secara bergantian, kemudian diarahkan oleh para coach/intruktur dari Gema Archery untuk lebih dikenalkan mengenai alat panahan dan nilai target sasaran. Sehingga ketika simulasi memanah peserta mengetahui cara memanah yang benar beserta teknis penilaiannya,” ujar M. Ganta, salah satu coach kelompok ikhwan.

Fauzan, salah satu perserta, memberikan testimoninya. “Setelah mengikuti pelatihan dasar memanah ini selain mendapatkan ketenangan dan kefokusan, ternyata juga menyenangkan dan menantang ketika anak panah yang saya lesatkan mengenai target sasaran dan selalu ingin terus mencoba hingga mendapatkan lingkaran kuning (red: nilai sempurna) secara konsisten dan ini tidak mudah. Oleh karenanya harus lebih banyak berlatih lagi”.

Gema Archery Jakarta (GAJ) merupakan salah satu club panahan yang dinaungi oleh Indonesia Archery School Program (INASP). Selain mendapatkan lisensi resmi, juga mendapatkan mandat dalam Program Jakarta Memanah yang bertujuan membumikan olahraga panahan kepada masyarakat Jakarta. Sekretariat GAJ bertempat di Jakarta Pusat. (sb/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Kiat-kiat Menjadikan Anak Penghafal Alquran

Figure
Organization