Topic
Home / Berita / Internasional / Akhirnya Trump Tunda Pengumuman Pemidahan Kedutaan AS ke Al-Quds

Akhirnya Trump Tunda Pengumuman Pemidahan Kedutaan AS ke Al-Quds

Trump saat berkunjung ke Tel Aviv pada Mei lalu. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Washington. Pihak Gedung Putih mengumumkan, Presiden Donald Trump menunda pengumuman keputusannya memindah kedutaan AS dari Tel Aviv ke Al-Quds. Sementara keputusan terkait hal tersebut akan dipublikasikan dalam beberapa waktu mendatang.

Dilansir dari Aljazeera.net, Selasa (05/12/2017), pengumuman tersebut disampaikan oleh juru bicara Gedung Putih, Hogan Gidley. Menurutnya, dalam waktu dekat Trump akan mengumumkan apakah ia jadi memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Al-Quds atau tidak.

Dalam beberapa hari terakhir, media gencar memberitakan tekad Trump terkait pemindahan kedutaan ke Al-Quds. Keputusan itu menuai kritik dari dunia Arab dan Islam karena dianggap sebagai pengakuan kedaulatan Israel atas Kota Suci Al-Quds.

Bahkan, seorang pejabat AS menyebutkan bahwa tekad Trump sudah bulat terkait Al-Quds sebagai ibukota bagi Israel. Ia menambahkan, pengumuman tersebut akan dilakukan dalam pidato Trump pada Rabu (6/12) mendatang.

Pada tahun 1995 lalu, Kongres telah memutuskan pemindahan kedutaan AS ke Al-Quds. Namun, para presiden AS tidak merealisasikan dan hanya melakukan penundaan setiap enam bulan.

Terakhir, pada bulan Juni lalu Trump meneken memorandum penundaan atas kebijakan tersebut selama enam bulan. Harusnya, memorandum tersebut habis masa berlaku pada Senin (04/12) kemarin. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization