Home / Berita / Internasional / Seluruh Provinsi Turki Menggelar Perayaan Maulid Nabi Muhammad

Seluruh Provinsi Turki Menggelar Perayaan Maulid Nabi Muhammad

Perayaan Maulid Nabi Muhammad digelar di seluruh provinsi di Turki. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Ankara. Seluruh Provinsi di Turki, Rabu (29/11/2017), menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw. Untuk tahun ini, peringatan Maulid di Turki jatuh pada hari Kamis (30/11).

Dilansir dari aa.com.tr/ar, peringatan Maulid dilakukan oleh rakyat Turki di masjid-masjid yang tersebar di seantero negeri. Banyak aktivitas yang mereka lakukan untuk menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad tersebut. Di antanya membaca Al-Quran, saling tukar ucapan selamat dengan kerabat, membaca atau mendengar sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad, berdoa serta memohon kepada Allah Swt.

Di kota Istanbul, sejumlah besar masyarakat, termasuk anak-anak dan wanita, mengikuti acara serupa. Perayaan di kota ini dipusatkan di Masjid Sultan Ahmed. Para hadirin tampak membaca shalawat dalam kesempatan tersebut.

Perayaan di Istanbul tampak dihadiri langsung oleh mufti kota, Prof. Hasan Kamil Yilmaz. Disebutkan, dirinya tampak membacakan dan menceritakan kisah hidup Nabi Muhammad Saw, kepada para hadirin.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa acara serupa juga digelar di seluruh provinsi di Turki. “Bagus untuk senantiasa mengingat Nabi Yang Mulia, memahaminya dan menerapkan kehidupannya dalam setiap kesempatan,” katanya.

Yilmaz juga mengungkapkan kekhawatirannya pada stigmasi terhadap umat Islam dengan cara brutal dan radikal. “Itu dilakukan untuk menciptakan gambaran yang salah bagi opini publik terhadap Islam,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Yilmaz membantah keras istilah ‘teroris islam’. Katanya, “Tidak mungkin Islam dan terorisme dapat disandingkan. Sama halnya tidak mungkin mereka yang dekat Kitab Suci menjadi teroris.”

Sementara itu, perayaan Maulid juga digelar di kota Sanliurfa, kota yang disebut-sebut sebagai ‘Kota Para Nabi’. Rakyat dari kota-kota sekitar tampak berjalan kaki ke Masjid untuk melaksanakan Shalat Isya dan menyenandungkan shalawat di masjid yang mengelilingi danau ikan yang terkenal itu.

Seperti diketahui bersama, Umat Islam seluruh dunia menggelar perayaan atas kelahiran Nabi Besar Muhammad Saw. setiap tanggal 12 Rabiul Awal tiap tahunnya. Masing-masing negara sepertinya memiliki tradisi tersendiri dan berbeda dari yang lain dalam merayakan Maulid Nabi ini. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.

Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kolaborasi Internasional Wujudkan Solusi Peduli Bagi Rohingya