Home / Berita / Nasional / IZI Salurkan Bantuan Langsung ke Pengungsian Warga Rohingya di Bangladesh

IZI Salurkan Bantuan Langsung ke Pengungsian Warga Rohingya di Bangladesh

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
    IZI yang diwakili oleh Manajer Mulia, Rohandi, Menyalurkan Bantuan Langsung ke Camp Pengungsian Rohingya di Bangladesh. (foto: dok. pribadi)

dakwatuna.com – Jakarta. Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Insiatif Zakat Indonesia (IZI) menyalurkan berbagai bantuan secara langsung di pengungsian warga etnis Rohingya, Cox’s Bazar – Bangladesh.

Salah seorang duta peduli Rohingya IZI, Rohandi, mengungkap sejak Agustus 2017 terkumpul 600.000 jiwa menetap di sekitar 9 camp Cox’s Bazar. Adapun bentuk bantuan yang disalurkan antara lain makanan cepat saji, air bersih, pakaian, selimut, tenda pemukiman dan bahan pokok sehari-hari.

“Menurut data yang dirilis oleh Inter Sector Corporation Group menyatakan sebanyak lebih dari 600.000 jiwa berasal dari etnis Rohingya menetap di sekitar 9 camp yang berlokasi di Cox’s Bazar, Bangladesh. Adapun bentuk bantuan yang kami salurkan adalah makanan cepat saji, air bersih, pakaian, selimut, tenda pemukiman, dan bahan-bahan pokok sehari-hari.”

Demikian disampaikan Rohandi ketika berada di tenda pengungsian warga Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh pada Rabu (8/11/2017).

Rohandi menambahkan, pihaknya bersama tim relawan dari PKPU Human Initiative (PKPU HI) mengunjungi salah satu camp yang dikenal dengan Monu Mistri Guna Camp. Kondisi Camp yang berpenghuni 50.000 orang tersebut hanya beratapkan terpal, dinding kayu ukuran 3,5 X 4,5 meter, serta terbatasnya MCK dan saluran air bersih.

“Salah satu camp yang kami kunjungi adalah Monu Mistri Guna Camp yang dihuni 50.000 pengungsi. Camp ini kondisinya hanya beratapkan terpal dan dindingnya pun hanya terbuat dari kayu ukuran 3,5 C 4,5 meter. Disini juga sangat minim jumlah MCK dan sangat terbatasnya saluran air bersih.” Tambah Rohandi yang menjabat sebagai Manajer Mulia Inisiatif IZI.

Program penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah berlangsung selama sepekan oleh tim peduli Rohingya IZI. Bersama PKPU HI, IZI salurkan dana ZIS kepada seluruh korban krisis kemanusiaan etnis Rohingya di pengungsian warga di Bangladesh. (ricky/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

IZI Adakan Program Sertifikasi Bagi Praktisi Bekam

Organization