Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Syaikh Tamim: Qatar Semakin Kuat Pasca Pemboikotan

Syaikh Tamim: Qatar Semakin Kuat Pasca Pemboikotan

Emir Qatar saat diwawancarai jurnalis CBS Amerika. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Doha. Emir Negara Qatar, Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani, menyebut negaranya semakin kuat sejak pemberlakuan boikot pada 05 Juni lalu. Namun, ia juga khawatir terhadap kekacauan yang timbul jika sampai terjadi operasi militer.

Dilansir Aljazeera.net, Senin (30/10/2017), hal itu disampaikannya saat wawancara ekslusif dengan CBS Amerika. Syaikh Tamim mengatakan, “Kami merasa bangga dengan keberadaan kami. Kami bangga dengan sejarah kami. Namun kami merasa lebih kuat sejak 05 Juni.”

Dalam perbincangan itu, Emir kembali menegaskan penolakan terhadap segala bentuk intervensi yang menyentuh kehormatan dan kedaulatan negaranya. “Cukup sederhana, itu adalah bentuk untuk melucuti kemerdekaan kami,” tambahnya menanggapi tuntutan negara-negara pemboikot.

Emir juga menuding negara-negara pemboikot berupaya mengubah sistem di Qatar. “Sangat jelas. Mereka telah mengupayakan hal itu sejak sebelum tahun 1996, setelah ayahku menjadi Emir di negeri ini. Mereka juga mengupayakan hal yang sama, dan itu sangat jelas, pada beberapa pekan terakhir,” jelasnya.

Lebih lanjut, Emir Qatar menyebut negara pemboikot menentang pemberian hak berekspresi yang ada di Qatar. “Mereka (pemboikot, red) takut akan kebebesan bereskpresi dan menganggapnya sebagai sebuah ancaman,” lanjutnya.

Terkait Aljazeera Network, Emir menegaskan dirinya tidak akan pernah menutupnya. Itu dilakukan karena Aljazeera berperan penting dalam hal kebebasan berekspresi di kawasan Teluk.

Emir Qatar juga menyebut, pemboikotan sangat mengejutkan bagi rakyatnya secara umum. “Karena pada beberapa pekan lalu, kami berkumpul dalam satu ruangan dengan Presiden AS, Donald Trump. Kami membicarakan perihal terorisme dan pendanaannya. Tak satupun dari mereka menyatakan kekhawatiran atau mengatakan sesuatu pada kami,” imbuhnya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Qatar: Negara Kami Jauh Lebih Kuat meski Diboikot

Figure
Organization