Anggota Parlemen AS Seru Hentikan Dukungan Militer Terhadap Arab Saudi

Ru Khanna, Anggota Kongres AS dari Partai Demokrat. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Washington. Anggota fraksi Demokrat di Kongres AS, Ru Khanna, angka bicara soal krisis di Yaman. Ia berharap, adanya rancangan resolusi yang dapat mengakhiri krisis kemanusiaan di sana. Selain juga menghentikan dukungan militer pada Arab Saudi dalam perangnya melawan Syiah Houtsi.

Khanna kepada Aljazeera mengatakan, “Kita harus bertindak menyediakan makanan dan obat-obatan bagi rakyat Yaman. Termasuk mengakhiri blokade Saudi dan menyeru negara-negara lain untuk membantu menyediakan bantuan materi dan tenaga medis.”

Selain itu, Khanna juga menyebut krisis di Yaman merupakan krisis kemanusiaan paling parah pada saat ini. Disebutkan, sekitar 1 juta orang menderita kolera dan 7 juta lainnya menderita kelaparan di Yaman.

Prioritas kedua, tambahnya, adalah menghentikan bantuan apapun kepada Saudi dalam kampanyenya melawan Syiah Houtsi. Termasuk menghentikan penyediaan bahan bakar bagi pesawat tempurnya.

“Kita harus menjelaskan pada rakyat Yaman bahwa tidak ada ambiguitas peran kami dalam menyerang negara mereka, atau membantu Saudi dalam upaya mengusir Houtsi,” katanya lagi.

Lebih lanjut, Khanna menyebu kebijakan presiden AS dalam hal ini ‘sesat’. Hal itu karena Presiden Trump mencoba menyesuaikan diri pada salah satu pihak dalam perang proxy antara Saudi dan Iran. Padahal, tambahnya, sama sekali tidak ada kepentingan nasional dalam hal itu. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...