[Video] Begini Situasi di Kota Suci Al-Quds Tahun 1930-an

(felesteen.ps)

dakwatuna.com – Doha. Tantangan terbesar yang harus dihadapi jurnalis Aljazeera, Rawan Al-Damen, dalam mempersiapkan dokumenternya yang berjudul ‘Nakbah’ adalah menemukan video arsip kehidupan di Palestina sebelum Hari Nakbah. Gambaran kehidupan itulah yang berusaha disembunyikan oleh propaganda Zionis pada saat itu.

Al-Damen menyebutkan, kehidupan bangsa Yahudi dan Inggris selama masa mandat Inggris, tersusun rapi di arsip-arsip Barat. Sementara itu, gambaran kehidupan Bangsa Palestina di masa yang sama, seakan lenyap ditelan bumi.

Namun, setelah berbulan-bulan melakukan riset, akhirnya al-Damen menemukan beberapa gambar tersembunyi di British Museum di London.

Bagian ini menampilkan dokumenter ‘Nakbah’, yang menyampaikan sepenggal kehidupan di Palestina pada tahun 1930-an. Tampak pasar-pasar di sana menggeliat, dan pergerakan penduduk serta perdagangan begitu aktif.

Nakbah merupakan hari peringatan tahunan untuk pengusiran bangsa Palestina yang mendorong terbentuknya Israel pada tahun 1948 silam. Hari ini diperingati setiap tanggal 15 Mei. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...