Home / Berita / Daerah / Rumah Zakat Pelopori Bank Sampah di Tegal

Rumah Zakat Pelopori Bank Sampah di Tegal

Rumah Zakat Pelopori Bank Sampah di Tegal (dok. pribadi)

dakwatuna.com – Tegal. Rumah Zakat memelopori berdirinya bank sampah Kebrajan Sejahtera yang menjadi Bank Sampah pertama di Kabupaten Tegal. Pada pelaksanaannya, program bank sampah ini bekerja sama dengan anggota PKK di RT 02/01 Ujungrusi, Adiwerna, Kabupaten Tegal.

“Pemilahan dan penimbangan sampah ini sudah dilakukan untuk yang kedua kalinya selama program bank sampah di Desa Ujungrusi berjalan. Alhamdulilah, jumlah yang hadir saat pemilahan dan penimbangan pekan ini bertambah dibandingkan dengan pekan lalu,” ujar Hasbi Iskandar.

Pekan pertama di bulan Oktober ini, Kebrajan Bank Sampah berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp 137.000 dari penjualan sampah yang dikumpulkan para nasabah. Pembagian hasil dari pengumpulan sampah tersebut yaitu 30% untuk pengurus dan 70% untuk nasabah. Kegiatan Bank Sampah Sejahtera yang dilaksanakan dua minggu sekali ini mendapatkan apresiasi dan respon positif dari aparatur desa setempat.

“Alhamdulillah jumlah warga yang ikut serta dalam Kebrajan Bank Sampah Sejahtera semakin bertambah dan solid. Apalagi sekarang nasabah Bank Sampah sudah mendapatkan buku tabungan,” tutur Sekretaris Desa, Baidowi.

Hasbi berharap dengan adanya sarana dan prasarana Kebrajan Bank Sampah Sejahtera, warga tertarik untuk bergabung, sehingga anggota nasabah Bank Sampah Sejahtera semakin bertambah.

“Semoga kesadaran masyarakat dalam memilah sampah semakin meningkat, terutama masyarakat Desa Ujungrusi, sehingga mereka bisa ikut serta dalam melestarikan lingkungan,” ujarnya. (sb/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Mengapa Dak Kamar Mandi Saya Bocor?