Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Setelah Kunjungi Oman dan Qatar, Menlu Iran Seru Kerja Sama Regional

Setelah Kunjungi Oman dan Qatar, Menlu Iran Seru Kerja Sama Regional

Menlu Iran, Mohamad Javad Zarif.
(mubasher.aljazeera.net)

dakwatuna.com – Teheran. Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Mohammad Javad Zarif, menyeru untuk meningkatkan kerja sama regional. Hal ini ia kemukakan setelah kunjungannya ke dua negara, Kesultanan Oman dan Qatar.

Dilansir dari Aljazeera.net, Rabu (04/10/2017), Zarif mengklaim telah berulang kali mengajukan dialog dengan negara-negara Teluk. “Namun sayangnya, hal itu tidak diakui beberapa negara yang hanya melihat masa depannya dengan ketegangan, tekanan dan intervensi pada urusan (negara, red) tetangga,” lanjutnya.

Selain itu, Zarif juga menyebutkan dampak dari tekanan ekonomi yang diberlakukan beberapa negara pada Doha. Menurutnya, hal itu hanya akan mengeratkan hubungan ekonomi antara Qatar dan Iran.

Sementara itu, Jubir Kemenlu Iran Bahram Qassemi menyebut Zarif bersedia menawarkan kerja sama ekonomi jangka panjang dengan Doha. “Diharapkan (Qatar, red) dapat menjadi mitra ekonomi bagi Teheran,” tambahnya.

“Regulasi resmi kedua negara memberikan fasilitas dan kemungkinan yang diperlukan untuk pertukaran peluang ekonomi dan perdagangan antara masyarakat kedua negar serta pada sektor swasta,” kata Zarif mengomentari hal itu.

Sumber: Al-Jazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Qatar Kepada AS: Palestina Menanti Solusi Politik Yang Adil

Figure
Organization