Home / Berita / Nasional / Muliakan Kaum Santri, IZI Perbaiki Pesantren di Seluruh Indonesia

Muliakan Kaum Santri, IZI Perbaiki Pesantren di Seluruh Indonesia

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Direktur Pendayagunaan IZI, Nana Sudiana ketika memberi bantuan Beasiswa IPB kepada Yatim Berprestasi. (dok. pribadi)

dakwatuna.com – Jakarta. Bila berbicara Santri dan perannya, tentu kita semua mengetahui bahwa sosok Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah seorang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang terlahir dari rahim Pondok Pesantren. Belum lagi sosok Perdana Menteri Pertama Indonesia, Muhammad Natsir, adalah sama halnya sebagai tokoh teladan Indonesia yang besar dari lingkungan Pesantren. Dan tentunya masih banyak lagi para pahlawan Kemerdekaan yang berasal dari kaum santri dan dibesarkan dalam didikan Pesantren.

Dalam hal ini, Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) berinisiatif memperbaiki seluruh Pondok Pesantren tak layak guna di masing-masing Kantor Perwakilan IZI di Indonesia.

Direktur Pendayagunaan IZI, Nana Sudiana mengungkap bahwa masih banyak Pondok Pesantren di Indonesia yang belum tersentuh oleh berbagai pihak, baik untuk di renovasi maupun diberdayakan.

“Hal yang mengharuskan kami bergerak perbaiki hal ini karena masih banyak Pondok Pesantren tak layak guna di Indonesia yang belum dapat perhatian dan bantuan dari masyarakat, maupun dari pihak-pihak lain seperti pemerintah, atau korporasi lainnya.” Ungkap Direktur Pendayagunaan IZI, Nana Sudiana ketika dihubungi Tim Humas di Kantor IZI Pusat, Selasa (3/10/2017).

Nana menegaskan, Pondok Pesantren merupakan sumber pendidikan karakter. Menurutnya, dalam metode pembelajaran yang diterapkan dalam Pesantren tidak hanya mendidik dari sisi pengetahuan Keagamaan saja, tentunya mendidik moral dan karakter kaum santri dalam meraih masa depan bangsa yang baik.

“Pesantren ini kan sumber pendidikan karakter sebenarnya. Ia bukan hanya mendidik dari sisi pengetahuan keagamaan saja, namun dalam Pesantren juga mendidik moral dan karakter anak muda yang akan jadi pemimpin Indonesia di masa depan.” tegas Nana.

Kemudian, Manajer Pemberdayaan IZI, Haryono menjelaskan, sebanyak 36 Pondok Pesantren yang berlokasi di masing-masing Kantor Perwakilan IZI di Indonesia akan mendapat bantuan renovasi dalam kurun waktu satu bulan lebih, terhitung sejak tanggal 27 September sampai dengan 13 November 2017.

“Adapun jumlah Pesantren yang akan kami bantu sebanyak 36 Pondok yang terdiri dari 4 Pesantren untuk yang berada di wilayah Pusat, dan 32 Pesantren untuk di masing-masing Kantor Perwakilan Wilayah IZI di seluruh Indonesia.” Ujar Haryono.

Menurutnya, bantuan yang disalurkan berupa perbaikan fasilitas gedung (berikut ruang kelas beserta sarana prasarananya), paket Sembako untuk Para Pengajar dan seluruh Santri, serta diakhiri dengan kegiatan Makan Bersama.

“Bantuan yang kami salurkan berupa perbaikan fasilitas gedung, termasuk ruang kelas beserta sarana prasananya, paket Sembako untuk Para Pengajar dan seluruh Santri, serta diakhiri dengan jamuan makan bersama dengan Tim IZI, pihak Pesantren dan seluruh Santri.” Pungkas Haryono. (ricky/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

Menggagas Generasi Berkemajuan Melalui Pendekatan Karakter Anak