Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / IKMI Johor Adakan Daurah Bersanad Hadits 40 Imam Nawawi

IKMI Johor Adakan Daurah Bersanad Hadits 40 Imam Nawawi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Malaysia untuk yang pertama kalinya mengadakan daurah bersanad kitab 40 Hadits Imam Nawawi atau Arba’in pada Ahad (24/9/2017) di kantor IKRAM Taman Universiti, Johor baru, Malaysia. Sebagai narasumber dalam daurah hadits ini adalah Ustadz Windo Putra Wijaya al Pidamarani, Lc. MA.

Proses Daurah Sanad 40 Hadits Imam Nawawi oleh Ikmi (dok. pribadi)

Presiden IKMI, Ustadz Zainuddin Ma’ali, Lc, mengatakan bahwa daurah bersanad ini sangat baik untuk dilestarikan. Karena hal ini merupakan bagian dari tradisi pembelajaran dari guru ke murid, dari zaman ke zaman. Apalagi saat ini murid diberikan banyak kemudahan, yaitu guru mendatangi muridnya. Berbeda dengan kondisi dahulu, ketika murid yang harus mendatangi guru untuk menimba ilmu bahkan harus melalui perjalanan dengan susah payah.

IKMI memilih mengkaji kitab hadits 40 Imam Nawawi, dikarenakan kitab ini merupakan salah satu kitab yang memiliki keberkahan karena masih kekalnya kitab ini dipelajari hingga saat ini baik di pesantren, madrasah, masjid maupun majelis ilmu lainnya.

Proses Dauroh Sanad Hadits 40

Narasumber memulai daurah dengan menyampaikan ulasan biografi singkat Imam Nawawi. Daurah dilanjutkan dengan penjelasan semua hadits yang ada dalam kitab hadits arba’in satu persatu. Pemateri membaca matan hadits dan terjemahannya dan menjelaskan kata-kata yang sulit. Setelah dirasa cukup, pemateri menjelaskan kandungan hadits secara ringkas dari hadits pertama hingga khatam hadits yang ke 42.

Para peserta daurah berjumlah 90 orang ikhwan dan akhwat dari kalangan mahasiswa, pekerja pabrik, dan masyarakat umum. Mereka terlihat antusias dan menikmati jalannya daurah dari pagi hingga sore hari. Semoga daurah bersanad ini dapat menambah pemahaman ulumul hadits para peserta dan juga menguatkan silaturahim di antara umat Islam Indonesia yang berada di Johor, Malaysia. (YY Farikha/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

YY Farikha
muslimah yang saat ini tinggal di Malaysia, selalu berusaha memperbaiki diri dan memberikan manfaat untuk orang lain, suka berdakwah, belajar dan berbisnis

Lihat Juga

IKMI Johor Gelar Halal Bil Halal Bersama Aa Gym

Figure
Organization