Home / Berita / Nasional / Peran Salimah dalam Meningkatkan Kualitas Perempuan Indonesia

Peran Salimah dalam Meningkatkan Kualitas Perempuan Indonesia

dakwatuna.com – Berbagi kisah sukses dari pengurus Persaudaraan Muslimah (Salimah) di hadapan pengurus Departemen Pendidikan Salimah yang lain dari seluruh Indonesia merupakan salah satu mata acara dari rangkaian acara Lokakarya Nasional Salimah hari ke 3 di Hotel Balairung, Jakarta pada Ahad (24/9/2017).

Penutupan Lokakarya Nasional Salimah pada Ahad (24/9/2017) Bahas Kisah Sukses Tiap Wilayah (Salimah)

Dalam kesempatan ini, Pengurus Daerah (PD) Kabupaten Sukabumi dan Kota Bekasi, serta Pengurus Wilayah (PW) Kalsel menyampaikan berbagai capaian dan usaha yang telah dilakukan. 

Pengurus Daerah Sukabumi Raih Rekor Muri

Ketua PD Salimah Kabupaten Sukabumi, Santi, menyampaikan bahwa organisasinya sudah dipercaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah. Salimah kerap diminta untuk menjadi pembicara di berbagai acara, di antaranya oleh PT Pratama, Pemda Dinas Sosial dan Perhubungan, PKK, dan PAUD. 

Selain itu PD Salimah Kabupaten Sukabumi juga mendapat rekor MURI ‘Membagikan 1000 pompa dan botol ASI’ kepada para pekerja perempuan di Sukabumi. 

KOB Salimah Kalsel Warnai Kehidupan Keluarga

Lain dengan Sukabumi, Siti Muimas selaku ketua Departemen Pendidikan PW Salimah Kalimantan Selatan berbagi kisah capaian utamanya mengenai Komunitas Orang Tua Bijaksana (KOB). KOB ini bekerja sama dengan Himpaudi (himpunan guru PAUD) menyelenggarakan seminar parenting yang rutin dilaksanakan.

Sejak diresmikan KOB, banyak mendapat perhatian dan permintaan dari masyarakat yang kebanyakan adalah orang tua untuk mendapat ilmu parenting. Untuk itu beberapa kegiatan dilaksanakan di antaranya, seminar online melalui grup whatsapp, konsultasi anak dan keluarga, menjadi pembicara di berbagai seminar parenting yang dilaksanakan oleh masyarakat, juga sebagai pembicara di radio Madinatussalam Banjarmasin.

Materi yang didiskusikan di antaranya Mendidik Anak di Era Digital dan sejarah yang berkaitan dengan pendidikan anak. Dengan beragam nya kemampuan SDM Pengurus di Pengurus Wilayah Kalsel, materi diskusi pun menjadi beragam. 

Persatuan Muslimah Bekasi Sebar Manfaat Lewat ‘Jumat Berkah’

Ketua Pengurus Daerah Kota Bekasi, Atik Sulstiati, menyampaikan program khusus dan kegiatan rutin dari Bekasi yaitu Jumat Berkah. Aksi yang mereka lakukan setiap hari Jumat yaitu menyebarkan santunan yang diberikan kepada jamaah Shalat Subuh. Dana kegiatan ini diperoleh dari para donator dari seluruh warga kota Bekasi.

Dari Jumat berkah ini, Salimah Kab Bekasi lebih dikenal masyarakat. Efeknya, banyak elemen masyarakat yang berniat untuk bergabung sebagai anggota. Anggota-anggota tersebut memiliki kemampuan yang beragam, diantaranya di bidang kuliner. Dari perkumpulan itu, dibuatlah komunitas dengan sebutan ‘Sister’. Para anggota yang tergabung dalam Sister ini nantinya akan menyediakan kue pada setiap hari Jumat waktu Subuh.

Setiap Jumat, jamaah Shalat Subuh mendapat kupon sebesar 10 ribu rupiah yang dapat dibelanjakan di area kue subuh, yang penjual nya adalah anggota Persaudaraan Muslimah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat, dimulai dari setelah Shalat Subuh sampai jam 10 pagi. Anggota yang tergabung dalam kegiatan kue subuh ini juga mendapatkan berbagai pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan diri baik secara manajerial maupun kualitas dan variasi produk. (sb/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Salimah Mamuju Bagi Sembako bersama YBM PLN Mamuju dan Yakesma Sulbar