Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Membuat 1 Rumah Untuk 3 Keluarga Sekaligus?

Bagaimana Membuat 1 Rumah Untuk 3 Keluarga Sekaligus?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

Pak Ir. Andan Nadriasta di dakwatuna.com

Saya memiliki tanah memanjang ke belakang dan miring. Lebar muka sekitar 6 meteran dan belakang sekitar 7 meter. Panjang ke belakang sekitar 20 meter. Begitu kira – kira. Ada baik nya Pak Ir. Andan ke tanah tersebut . jadi ukuran nya bisa lebih pasti.

Saya ingin membangun rumah tingkat dimana ada 3 keluarga di dalam nya. Jadi saya ingin ada 2 ruang tidur utama di bawah dengan kamar mandi di dalam masing – masing nya. Lalu dapur dan ruang tamu / ruang keluarga sendiri – sendiri. Hanya ruang makan yang bergabung.

Di belakang saya ingin ada mushola terbuka dan ruang cuci jemur. Serta taman kecil saja jika memungkinkan. Lalu di depan saya ingin ada usaha warung atau apalah nantinya. Jadi bangunan agak mundur saja ke belakang sekitar 10 atau 11 meteran. Sekaligus bisa buat parkir mobil dan motor.

Di lantai atas ada keluarga saya yang lain. Jadi buat 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi umum. Tangki air juga mohon di desain kan. Lalu di depan saya ingin ada balkon kecil saja. Agar muka bangunan bagus dan ada hawa ke bawah.

Demikian pertanyaan kami.

Terima kasih atas jawaban Pak Ir. Andan

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ade – Tangerang

 

Jawaban:

Wa alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Ade di Tangerang, pertanyaan nya sungguh unik. Karena biasa nya dalam satu rumah hanya ada 1 keluarga. Kali ini 3 keluarga bergabung jadi 1. Maka hal ini membuat saya harus berpikir keras, agar mendapatkan solusi desain yang terbaik.

Baiklah, kita mulai dari lantai 1 dulu. Ruangan akan saya pisah kiri dan kanan. Dengan pemersatu nya ruang makan di bagian belakang. Ruang depan berupa dapur dan ruang keluarga di pisah kan oleh tembok yang memiliki pintu geser atau pintu lipat. Hingga jika ada acara keluarga dapat di gabung bersama.

Tangga saya letakkan pada sisi kanan rumah. Hingga pola ini bisa membentuk lantai 2 yang adil dan pas. Tanah miring saya bisa manfaatkan 2 kamar tidur di atas nya dan di seberang nya 1 kamar tidur. Hingga lengkap sudah di atas ada 3 kamar tidur. Di tambah 1 wc yang posisi nya tepat di atas wc lantai dasar.

Balkon kecil secukup nya ada di tengah. Hingga hawa mengalir bagus sampai ke void ruang belakang yang langsung berhubungan dengan ruang cuci jemur dan mushola. Hingga sirkulasi udara menjadi bagus. Apalagi di tambah taman kecil yang menempel ke tembok. Hal ini akan membuat ruamh kecil ini tetap asri dan segar.

Untuk muka bangunan saya buat sederhana saja. Simple dengan permainan lis ban putih serta warna – warna cerah dan segar. Di tambah batu alam dan permainan lubang angin indah, membuat rumah ini  tampil indah dan keren.

Demikian Pak Ade dan netters dakwatuna sekalian. Desain kompak rumah kecil dengan 3 keluarga sekaligus ada di dalam nya. Seru ya ? Inilah asyik nya membuat desain rumah tinggal. Saya sebagai arsitek selalu tertantang menjawab permasalahan – permasalahan di lapangan yang sering kali tidak ada di bangku kuliah dulu saat saya belajar di Universitas Pancasila di tahun 1990.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat. Semoga tahun baru Islam kita menambah semangat baru kita dalam segenap sendi kehidupan. Semoga dakwatuna.com dapat senantiasa istiqamah mengudara di dunia dakwah on line ini.

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ir. Andan Nadriasta – www.griyainsani.com

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]
fb  : griyainsani
IG : @griyainsani
Twitter : @griyainsani_com

Advertisements

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Paket Ramadhan untuk Keluarga Dhuafa dari IZI