Home / Berita / Internasional / Asia / DK PBB Desak Pemerintah Myanmar Hentikan Kekerasan di Rakhinye

DK PBB Desak Pemerintah Myanmar Hentikan Kekerasan di Rakhinye

Sidang DK PBB. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – New York. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), menyeru pemerintah Myanmar untuk segera hentikan kekerasan di Rakhine, Rabu (13/09/2017).

Hal ini disampaikan oleh Duta Etiopia di PBB, Tekeda Alemu, setelah sesi pertemuan darurat terkait Myanmar. Sebagaimana dilansir dari aa.com.tr/ar, Alemu menuntut pemerintah Myanmar, “Meredakan ketegangan, pemulihan aturan hukum, memastikan perlindungan warga sipil, pemulihan kondisi sosial ekonomi, serta menyelesaikan masalah pengungsian.”

“Para anggota DK, merasakan keprihatinan yang mendalam terkait laporan penggunaan kekuatan berlebihan selama operasi keamanan,” tambahnya. Diketahui, Ethiopia menjadi pemegang pimpinan bergilir untuk DK pada September ini.

Alemu menambahkan, “Penting menemukan solusi jangka panjang untuk situasi di Rakhine. Selain itu juga menyerukan pelaksanaan rekomendasi Komisi Penasihat PBB untuk Rakhine yang diketuai mantan Sekjen PBB, Kofi Annan.”

Alemo juga menyampaikan apresiasi terhadap negara-negara pemberi bantuan. “Menyambut baik upaya pemerintah Bangladesh dalam memberi bantuan untuk para pengungsi. Serta upaya PBB dan masyarakat internasional dalam membantu pemerintah Bangladesh,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekjen PBB Antonio Gueterres menyebut kekerasan di Rakhine sebagai tindak genosida. Ia juga menyeru pemerintah Myanmar untuk menangguhkan operasi militer yang berlangsung. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Iran Tuding AS Gunakan DK PBB untuk Hantam Teheran

Organization