Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / DK PBB Desak Pemerintah Myanmar Hentikan Kekerasan di Rakhinye

DK PBB Desak Pemerintah Myanmar Hentikan Kekerasan di Rakhinye

Sidang DK PBB. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – New York. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), menyeru pemerintah Myanmar untuk segera hentikan kekerasan di Rakhine, Rabu (13/09/2017).

Hal ini disampaikan oleh Duta Etiopia di PBB, Tekeda Alemu, setelah sesi pertemuan darurat terkait Myanmar. Sebagaimana dilansir dari aa.com.tr/ar, Alemu menuntut pemerintah Myanmar, “Meredakan ketegangan, pemulihan aturan hukum, memastikan perlindungan warga sipil, pemulihan kondisi sosial ekonomi, serta menyelesaikan masalah pengungsian.”

“Para anggota DK, merasakan keprihatinan yang mendalam terkait laporan penggunaan kekuatan berlebihan selama operasi keamanan,” tambahnya. Diketahui, Ethiopia menjadi pemegang pimpinan bergilir untuk DK pada September ini.

Alemu menambahkan, “Penting menemukan solusi jangka panjang untuk situasi di Rakhine. Selain itu juga menyerukan pelaksanaan rekomendasi Komisi Penasihat PBB untuk Rakhine yang diketuai mantan Sekjen PBB, Kofi Annan.”

Alemo juga menyampaikan apresiasi terhadap negara-negara pemberi bantuan. “Menyambut baik upaya pemerintah Bangladesh dalam memberi bantuan untuk para pengungsi. Serta upaya PBB dan masyarakat internasional dalam membantu pemerintah Bangladesh,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekjen PBB Antonio Gueterres menyebut kekerasan di Rakhine sebagai tindak genosida. Ia juga menyeru pemerintah Myanmar untuk menangguhkan operasi militer yang berlangsung. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Organization