Home / Berita / Nasional / Ribuan Masyarakat Semarang Kecam Kebiadaban Terhadap Muslim Rohingya

Ribuan Masyarakat Semarang Kecam Kebiadaban Terhadap Muslim Rohingya

dakwatuna.com – Semarang. Ribuan masyarakat Kota Semarang dari berbagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menggelar aksi solidaritas mengecam kebiadaban pemerintah Militer Myanmar yang terus melakukan pembantaian terhadap etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar pada Jumat (8/9/2017).

Ribuan Masyarakat Semarang Ikut Aksi Solidaritas Rohingya

Aksi dimulai dengan orasi sambil membentangkan spanduk bertuliskan “Masyarakat Semarang Peduli Rohingya. SAVE ROHINGYA.”

“Kami mengecam pelanggaran HAM terhadap etnis Rohingya di Myanmar. Kami mengajak kepada seluruh umat Islam untuk bersatu dan bangkit dari segala bentuk penindasan dan perpecahan,” kata Dimas Anafadli, koordinator aksi solidaritas kemanusiaan Rohingya saat menyampaikan orasinya dalam aksi bela Rohingya pada Jumat (8/9/2017) di kompleks Air Mancur Jalan Pahlawan Kota Semarang.

Dimas menambahkan bahwa sebagai manusia terutama sesama umat muslim harus membantu saudara yang terkena musibah. Menurutnya muslim dan muslim adalah bersaudara jika salah satu muslim tersakiti maka yang lain juga merasakannya.

Dalam orasinya, Dimas menyatakan krisis yang terjadi di Rakhine State Myanmar telah menyebabkan ribuan warga termasuk etnis Rohingya yang mayoritas muslim mengungsi ke Bangladesh.

Dalam sepekan ini, militer Myanmar melakukan serangan besar-besaran terhadap etnis Rohingya, yang menyebabkan 130 jiwa dikabarkan meninggal dunia.

“Tak kurang dari 27 ribu lainnya mengungsi. Selain itu, sekitar 1.000 rumah juga dibakar oleh junta militer Myanmar,” katanya.

Selama penggalangan dana di jalanan tersebut, banyak pengguna jalan yang melintas terketuk untuk menyumbang. Mereka memberikan donasi ke dalam kardus yang dibawa relawan. Ribuan masyarakat peserta aksi juga tak lupa ikut memberi donasi kemanusiaan untuk Rohingya. Rencana dana yang terkumpul nanti akan disalurkan kepada pengungsi dan korban konflik di Myanmar melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Kita juga mengumpulkan dana yang nantinya akan dikirimkan untuk pengungsi Rohingya, dan dari hasil donasi kali ini terkumpul Rp 57.605.285 dan 193 real serta sepasang anting emas,” pungkasnya.

Lobi 3 Gubernur Pulau Sumatera

Sementara itu, Ibnu Hadjar dari Komite Nasional Solidaritas Rohingya (KNSR) menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan lobi terhadap tiga Gubernur di pulau Sumatera agar bisa menampung pengungsi Rohingya.

“Kita sudah melobi Gubernur Aceh, Gubernur Sumatera Utara, dan Gubernur Sumatera Barat agar memberikan masing-masing satu pulau yang bisa digunakan untuk menampung pengungsi tersebut. Sementara, bantuan kemanusiaan senilai Rp 15 miliar juga akan segera dikirimkan melalui Kapal Kemanusiaan ke Bangladesh,” jelasnya.

Aksi solidaritas tersebut diikuti puluhan Ormas se-Kota Semarang, diantaranya IKADI, Bahtera Indonesia, KAMMI Semarang, PII Jateng, ACT Jateng, Pemuda Muhammadiyah, Majelis Akhir Zaman, HMI, FSLDK Semarang Raya, dan KNSR Jakarta. (sb/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Banten Akan Gelar Konser Kemanusiaan Untuk Rohingya