Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bisakah Rumah Saya Diubah Jadi Rumah Islami Minimalis Klasik?

Bisakah Rumah Saya Diubah Jadi Rumah Islami Minimalis Klasik?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan yang saya hormati, saya memiliki rumah lama di Bintaro. Ingin saya renovasi dengan gaya minimalis klasik. Saya suka dengan atap dak beton, karena bisa di gunakan untuk aktivitas di atas nya. Namun saya juga suka dengan model detail bangunan klasik.

Saya ingin ada 1 kamar tidur utama di atas, 2 kamar tidur anak dengan kamar mandi dan ruang pakaian khusus buat mereka. Lalu cuci jemur, gudang dan kamar mandi. Ruang keluarga di atas saya ingin ada void ke bawah, namun tetap memiliki privasi. Hingga suatu saat bisa di tutup agar AC tidak ke mana – mana.

Di bawah saya ingin ada ruang tamu yang menyatu dengan mushola dan wc tamu. Namun ada pemisah dengan ruang keluarga dan ruang makan. Dapur saya ingin tidak terlalu bergabung dengan ruang makan. Pokok nya saya ingin rumah ini islami.

Di bawah juga ingin ada kamar tidur untuk tamu yang cukup besar dengan wc dalam, lalu ruang pelayan dilengkapi dengan gudang dan area parkir motor. Untuk mobil saya ingin bisa masuk 2 mobil.

Demikian pertanyaan kami. Jika ada waktu, silakan Pak Andan datang berkunjung untuk cek lokasi langsung.  Jazakallah atas jawaban nya.

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Tussy – Bintaro

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Bu Tussy di Bintaro, jazakillah atas akses nya. Netters dakwatuna di mana pun anda berada, smoga puasa kita hari ini membawa keberkahan bagi kita semua. Badan jadi tambah sehat. Pahala semakin berlipat. Jannatu firdaus pun  kita raih dengan penuh semangat.

Setelah saya survey dan pelajari data – data nya, rumah lama saya masih bisa pertahankan. Walaupun tetap ada bongkar sana sini. Namun tetaplah lebih hemat karena tidak di bongkar total semua nya.

Untuk lantai satu saya fokus dulu ke ruang tamu. Dengan arah kiblat yang menghadap ke kiri maka saya letakkan mushalla dan kamar mandi di kiri dan ruang tamu ada di sisi yang berlawanan nya. Di sisi kanan yang menghadap arah timur.

Pola ini membentuk ruang tamu yang kompak dan ideal. Jika ada tamu langsung ke kanan duduk dengan nyaman nya. Jika ingin shalat langsung ke kiri lengkap dengan kamar mandi nya. Jika ruang tamu banyak orang bisa melebar ke mushalla bahkan ke teras muka yang cukup luas.

Kini kita beralih ke ruang makan dan ruang keluarga, mereka saya gabungkan jadi satu. Hingga luas. Karena tangga saya aman kan di dekat carport. Jadi ruang tengah benar – benar lapang. Walaupun tetap ada pembatas berupa pintu kaca lipat ke ruang tamu dan mushalla. Hingga tamu tidak dapat melihat langsung ke dalam.

Di belakang saya selipkan taman yang memanjang. Lalu di samping kiri kanan bangunan saya buat bukaan yang cukup besar. Hingga sirkulasi hawa masuk ke rumah menjadi benar – benar lapang. Cahaya matahari  dapat menembus masuk dengan leluasa.

Ruang tidur tamu saya letakkan dekat taman, hingga memiliki view yang bagus. Lalu parkir motor dan mobil saya pisah. Hingga nilai – nilai islami nampak jelas dalam desain ini. Ruang khusus driver ada sendiri di carport. Lalu sepeda motor pembantu atau sepeda ontel untuk belanja ke pasar ada tempat nya khusus dan terpisah.

Tukang gas atau galon air mineral masuk dari jalur terpisah lewat samping yang berhubungan dengan ruang pembantu , dapur dan gudang lantai 1. Hingga rumah ini benar – benar nyaman dari sisi zone plan area nya.

Nah, untuk lantai 2 tinggal kita berpikir kualitas kenyamanan dan privacy ruangan nya. Ruang tidur utama saya letakkan di dekat taman dan ruang tidur anak di depan saling berdampingan. Hingga kamar mandi dan ruang pakaian nya bisa saling berbagi.

Dengan ruang keluarga yang memiliki pintu lipat ke void dan akses ke arah tangga, maka AC yang di ingin kan agar tidak ke mana – mana dapat tercapai. Karena dapat meningkatkan kualitas dingin nya dengan menutup nya hingga menjadi ruangan yang kedap.

Alhamdulillah, selesai juga desain percampuran ini. Minimalis tampil dengan model atap dak beton dan klasik tampil dengan ornamen detail mulai dari balkon kecil di tiap jendela, profil pada bagian – bagian tertentu dan tiang klasik di teras tamu.

Alhamdulillah, tsumma alhamdulillah. Semoga desain ini bisa bermanfaat bagi pencerahan kita semua. Membuat rumah islami yang keren. Rumah islami yang tampil kekinian.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta , ST

Kirimkan email order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

Hp  0813 1901 0400 ( wa only )  –   0817 496 57 42 ( sms only )

(SaBah/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.

Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah ‘tangan yang berkarya’. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Bagaimana Membuat 1 Rumah Untuk 3 Keluarga Sekaligus?