Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Pembunuhan Massal di Rohingya, PAHAM Indonesia Minta Pemerintah Ambil Peran Penting

Pembunuhan Massal di Rohingya, PAHAM Indonesia Minta Pemerintah Ambil Peran Penting

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Aktifis kemanusian Indonesia mengutuk keras tewasnya 77 warga minoritas Rohingya di Myanmar. Pada Senin (28/8/2017), Sekjend PAHAM Indonesia, Rozaq Asyhari mengungkapkan bahwa ini adalah bentuk tragedi kemanusiaan yang seharusnya tidak boleh terjadi.

Rozaq Asyhari (kiri) Bersama Kapolri Dalam Sebuah Acara

“Kami mengutuk keras jatuhnya korban minoritas rohingya di Myanmar. Seolah terus ada pengabaian aspek kemanusiaan dan pengabaian perlindungan hak asasi manusia di sana. Kondisi ini semakin menguatkan dugaan masyarakat dunia bahwa di sana sedang terjadi genosida,” tukas pengacara publik dari PAHAM Indonesia tersebut.

Rozaq Asyhari mendesak pemerintah Indonesia agar memiliki peran aktif dalam menyelesaikan persoalan kemanusiaan ini. “Problem kemanusiaan yang kembali terjadi terhadap minoritas Rohingya memicu terjadinya eksodus ribuan pengungsi ke negara lain, seperti Bangladesh. Belum lagi manusia perahu yang kerap masuk ke wilayah Indonesia, Malaysia ataupun Thailand. Disinilah diperlukan peran Indonesia dalam mengatasi persoalan kemanusiaan tersebut,” papar Rozaq lebih lanjut.

Selain itu, Rozaq Asyhari mengingatkan bahwa menjaga perdamaian adalah salah satu amanat konstitusi. “Presiden perlu berperan aktif dalam membantu persoalan kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya. Mengadvokasi etnis Rohingya adalah bagian dari amanah konstitusi sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945, dimana salah satu tujuan negara adalah untuk melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial,” papar doktor lulusan Universitas Indonesia tersebut. (ra/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Muslim Rohingya Bisa Berdamai dengan Nasibnya, Kapan?

Figure
Organization