Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Komnas HAM Qatar Tuntut Arab Saudi Buka Jalur Darat dan Udara Bagi Jemaah Haji Qatar

Komnas HAM Qatar Tuntut Arab Saudi Buka Jalur Darat dan Udara Bagi Jemaah Haji Qatar

Proses Melempar Jumrah bagi Jamaah Haji (republika.co.id)

dakwatuna.com – Doha. Polemik terkait pelaksanaan ibadah Haji rakyat Qatar di tengah krisis, masih berlanjut. Desakan kepada Arab Saudi sebagai pemegang otoritas Haji untuk mempermudah rakyat Qatar yang ingin menjalankan rukun Islam kelima itu kian kuat. Kini, desakan serupa juga dilakukan oleh Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Qatar.

Komnas HAM Qatar yang diwakili ketuanya, Ali bin Shamikh al-Mury, menuntut pemerintah Arab Saudi untuk mempermudah para jemaah haji Qatar dengan membuka jalur udara dan darat.

“Kami meminta pemerintah Arab Saudi untuk menghilangkan berbagai hal yang menghambat dan mempersulit para Jemaah Haji Qatar. Yaitu dengan membuka jalur darat langsung bagi maskapai Qatar untuk mempermudah perjalanan udara, serta membuka jalur darat bagi yang tidak mampu menempuh perjalanan udara,” katanya kepada wartawan, Sabtu (12/08/2017).

Al-Muriy menambahkan, “Kami tidak menuntut internasionalisasi Haji. Kami hanya menyeru lembaga-lembaga internasional untuk menghilangkan pelanggaran atas hak-hak rakyat Qatar.”

Sebelumnya, organisasi HAM internasional (IHRO) bahkan menuding dan mendesak pemerintahan Arab Saudi untuk tidak mempolitisasi Haji. (whc/dakwatuna)

Sumber: Sputnik Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Laporan PBB: Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab Atas Kematian Jurnalis Jamal Khashoggi

Figure
Organization