Home / Berita / Internasional / Usaha Cabut Blokade, Hamas Kirim Utusan ke Mesir

Usaha Cabut Blokade, Hamas Kirim Utusan ke Mesir

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Gerakan perlawan Islam Hamas mengirimkan utusannya ke Kairo melalui perbatasan Rafah pada Jumat (11/8/2017). Hamas mengumumkan bahwa mereka akan mencoba negosiasi dengan pemerintah setempat agar mencabut blokade Mesir kepada Gaza.

Kantor berita Anadolu mengutip pernyataan juru bicara Hamas, Hazim Qasim, ia mengatakan bahwa kunjungan utusan Hamas ke Mesir bertujuan untuk menindaklanjuti kunjungan pemimpin Hamas baru-baru ini, Yahya Sinwar.

Pada bulan Juni lalu, rombongan Jalur Gaza yang dipimpin Yahya Sinwar menemui pemerintah Mesir. Dalam pertemuan itu, mereka membahas banyak permasalahan antar dua negara dan permohonan keringanan blokade terhadap Jalur Gaza.

Adapun pada kunjungan Jumat kemarin, Hazim menjelaskan bahwa Hamas berharap dapat melakukan kerjasama berbagai hal positif dengan Mesir. Kunjungan ini, kata Hazim, juga bertujuan untuk meminta kontribusi Mesir dalam menyikapi perlakuan Israel kepada Jalur Gaza yang semakin memburuk.

Kondisi Jalur Gaza

Jalur Gaza saat ini masih mengalami krisis di berbagai sisi, khususnya di sisi kemanusiaan. Israel masih terus mengepung Jalur Gaza selama sepuluh tahun terakhir. Di lain sisi Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, telah menaikkan Tarif Dasar Listrik untuk mengurangi krisis. Selain itu, Mahmoud Abbas meminta kepada Israel untuk mengurangi pasokan energi mereka ke Jalur Gaza. (js/rassd/dawatuna)

Sumber: Rassd

Advertisements

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Innalillahi, Mantan Mursyid ‘Am Ikhwanul Muslimin Wafat