Menlu Arab Saudi Bertemu Menlu Iran di Istanbul

Menlu Arab Saudi tampak berbincang dengan Menlu Iran. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Istanbul. Media massa Iran, menyebarkan sebuah foto yang menunjukkan pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi, Adil al-Jubeir dengan Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif.

Pertemuan terjadi di sela-sela keikutsertaan kedua menteri tersebut dalam sidang darurat Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul Turki, Selasa (01/08/2017).

Media Iran tersebut dalam keterangannya menyebutkan, Menlu al-Jubeir yang pertama menyambangi Menlu Iran dan menyalaminya. Setelah bersalaman, keduanya tampak berpelukan dan berbincang beberapa menit.

Senada dengan keterangan tersebut, Fars News Agency Iran juga melaporkan bahwa Menlu Arab Saudi lah yang berinisiatif untuk mendatangi Menlu Iran itu.

Sumber menambahkan, pertemuan dua menteri itu hanya terbatas pada jabatan tangan dan saling menanyakan keadaan pribadi. Keduanya sama sekali tidak membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan politik.

Sebelumnya, saat pertemuan negara-negara pemboikot Qatar di Al-Manamah Bahrain Ahad (30/07) lalu, Menlu Arab Saudi itu melontarkan kritik pedas terhadap kebijakan Iran. Ia menegaskan, negara manapun yang berurusan dengan Iran, pasti akan mengalami kehancuan, kerusakan, pembunuhan dan pertumpahan darah. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...