Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Pejabat AS: Rudal Korut Sanggup Jangkau Amerika Serikat

Pejabat AS: Rudal Korut Sanggup Jangkau Amerika Serikat

Kekuatan militer Korea Utara (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Washington. Dua orang Pejabat Amerika Serikat (AS) angkat bicara soal uji coba peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara (Korut) baru-baru ini. Menurutnya, uji coba itu menunjukkan bahwa Korut saat ini mampu mencapai sebagian besar wilayah AS, Selasa (01/08/2017).

Kepada Reuters, dua pejabat yang tidak mau disebut identitasnya itu, menyampaikan ancaman yang terus tumbuh seiring berjalannya proyek nuklir dan rudal Korut. Hal itu, menurut mereka, memberikan tekanan kepada pemerintahan Presiden Donald Trump untuk merespon segala ancaman dimaksud.

Pada Sabtu (29/07) lalu, pihak Pyongyang mengumumkan keberhasilan uji coba rudal balistik antar benua mereka. Presiden Korut, Kim Jong-un, bahkan menegaskan bahwa uji coba itu mengonfirmasi kemampuan rudalnya untuk mencapai seluruh wilayah AS.

Kedua pejabat tersebut melanjutkan, Presiden Korut melalui pengembangan rudal balistik anter benua tersebut bertujuan untuk mencegah setiap serangan terhadap negaranya dan untuk mendapatkan legitimasi internasional.

“Itu bukan untuk menyerang AS dan sekutunya. Karena mereka tahu jika itu berarti bunuh diri,” kata mereka yang merupakan pejabat intelijen AS tersebut.

Sementara itu, diplomat Tiongkok di PBB menjelaskan, baik AS maupun Korut sama-sama bertanggungjawab untuk meredakan ketegangan, bukan Tiongkok.

“Meskipun Tiongkok mampu (meredakan ketegangan, red), tapi upayanya tidak akan memberikan hasil efektif. Karena semua ini tergantung pada dua pihak utama (AS dan Korut, red),” kata Liu Jiyei kepada New York Times. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization