Home / Berita / Internasional / Asia / Pejabat AS: Rudal Korut Sanggup Jangkau Amerika Serikat

Pejabat AS: Rudal Korut Sanggup Jangkau Amerika Serikat

Kekuatan militer Korea Utara (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Washington. Dua orang Pejabat Amerika Serikat (AS) angkat bicara soal uji coba peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara (Korut) baru-baru ini. Menurutnya, uji coba itu menunjukkan bahwa Korut saat ini mampu mencapai sebagian besar wilayah AS, Selasa (01/08/2017).

Kepada Reuters, dua pejabat yang tidak mau disebut identitasnya itu, menyampaikan ancaman yang terus tumbuh seiring berjalannya proyek nuklir dan rudal Korut. Hal itu, menurut mereka, memberikan tekanan kepada pemerintahan Presiden Donald Trump untuk merespon segala ancaman dimaksud.

Pada Sabtu (29/07) lalu, pihak Pyongyang mengumumkan keberhasilan uji coba rudal balistik antar benua mereka. Presiden Korut, Kim Jong-un, bahkan menegaskan bahwa uji coba itu mengonfirmasi kemampuan rudalnya untuk mencapai seluruh wilayah AS.

Kedua pejabat tersebut melanjutkan, Presiden Korut melalui pengembangan rudal balistik anter benua tersebut bertujuan untuk mencegah setiap serangan terhadap negaranya dan untuk mendapatkan legitimasi internasional.

“Itu bukan untuk menyerang AS dan sekutunya. Karena mereka tahu jika itu berarti bunuh diri,” kata mereka yang merupakan pejabat intelijen AS tersebut.

Sementara itu, diplomat Tiongkok di PBB menjelaskan, baik AS maupun Korut sama-sama bertanggungjawab untuk meredakan ketegangan, bukan Tiongkok.

“Meskipun Tiongkok mampu (meredakan ketegangan, red), tapi upayanya tidak akan memberikan hasil efektif. Karena semua ini tergantung pada dua pihak utama (AS dan Korut, red),” kata Liu Jiyei kepada New York Times. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Menlu Iran Mundur, Begini Respons Israel dan Amerika Serikat

Organization