Home / Berita / Silaturahim / Buka Puasa dan Santunan Nuansa Penaklukan Konstantinopel di FTUI

Buka Puasa dan Santunan Nuansa Penaklukan Konstantinopel di FTUI

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.c0m – Ada suasana haru dan rasa istimewa terutama bagi anak-anak Yatim-Piatu dan Dhuafa yang dihadirkan ke Fakultas Teknik UI pada Rabu petang, 14 Juni 2017 dalam Rangkaian GRADASI (Gema Ramadhan Syiar Islami) FUSI FTUI 2017. Sekitar seribu Alumni dan Sivitas Akademika FTUI (dosen, mahasiswa, dll) berbalut suasana Ukhuwah dan Spirit Solidaritas semua lebur bersama 245 anak-anak dalam suasana gembira diliputi berbagai mata acara yang menghibur.

Selain buka Bersama dan Santunan diserahterimakan juga Bingkisan ‘Tali Kasih’ bagi sekitar 100 staf FTUI yang terdiri dari Satpam, office boy, cleaning service, pedagang kantin dan lainnya.

Yang membuat momentum Ramadhan bersama Gradasi FTUI ini makin menarik adalah ketika secara khusus panitia mengelola momentum 29 Mei 1453 saat penaklukan Konstantinopel dan Pembebasan Jakarta dari cengkraman penjajah Portugis pada 22 Juni 1527 yang semuanya divisualisasikan melalui tema “Menggemakan Spirit Juang Al-Fatih sang Penakluk Konstantinopel”.

Beberapa foto dan dokumentasi detik-detik momen heroik itu dipamerkan berikut replika benteng Konstantinopel, disempurnakan dengan pemutaran film yang menampilkan aplikasi ilmu-ilmu keteknikan di masa keemasan Islam yang dihantarkan secara apik oleh Pakar Sejarah Islam Ust Agung Waspodo, SE, MPP.

Sambil belajar mengenal lagi sosok pemimpin muda Islam ini, kita diajak bertualang melanglang buana sembari merefleksi inspirasi kejuangan serta  kesungguhan ikhtiar istimewa Al Fatih selaku Pemimpin muda Islam yang menyejarah yang terobosannya turut berkontribusi terhadap perkembangan IPTEK dan Peradaban Islam di masa berikutnya, sebagaimana dijelaskan Ketua Panitia, yakni Farudin dari Teknik Industri.

Kegiatan penuh semarak ini merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan di lingkungan FTUI yang telah berlangsung sejak 26 Mei 2017 lalu telah berjalan sukses sejak sore hingga malam hari. Beberapa tokoh yang hadir dan ikut menggerakkan mobilisasi santunan di setiap unitnya yaitu para pimpinan lembaga mulai dari BEM FTUI, Yayasan Mata Air Biru, Fusi Foundation, hingga ILUNI Universitas Indonesia yang dihadiri langsung Ketua Umumnya Ir. Arief Budhy Hardono, ILUNI FTUI yakni Ir. Teten Derichar, Ketua-ketua ILUNI Departemen di FTUI (Sipil, Mesin, Elektro, Metalurgi Material, Arsitektur, Teknik Kimia dan Industri) dengan koordinator penggalangan yakni Basuki Sudarsono dari Iluni Metalurgi dan Material.

Dalam ungkapan penutupan acara Ir. Teten Derichar selaku Ketua ILUNI FTUI menyampaikan penghargaan setingginya pada semua pihak yang telah membantu menggalang serta mensukseskan kegiatan Ramadhan di FTUI kali ini. Sambil menutupnya dengan ajakan pada hadirin untuk menguatkan silaturahim agar pikiran jadi makin luas serta memperkaya sudut pandang dan pastinya jadi salah satu dari sekian banyak pintu rezki. (askar/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Sekjend Persatuan Insinyur Indonesia (PII) - BK Material Dosen President University

Lihat Juga

Milad ke-19 PKPU, Human Initiative: Spirit of Humanity

Figure
Organization