Terungkap, As-Sisi dan Netanyahu Bertemu Secara Rahasia Tahun Lalu

Ilustrasi. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Kairo.

dakwatuna.com – Kairo. Sebuah pertemuan rahasia yang digelar tahun lalu di ibu kota Mesir, Kairo, telah terungkap, Senin (12/06/2017). Pertemuan tersebut adalah antara Presiden Kudeta Mesir, Abdul Fattah As-Sisi dengan Perdana Menteri Zionis Israel, Benyamin Netanyahu.

Surat kabar Israel “Hertz” yang mengungkap rahasia tersebut juga melaporkan, Isaac Herzog, pemimpin oposisi Israel itu juga turut serta dalam pertemuan yang digelar pada bulan April 2016 lalu itu.

Pertemuan kali itu, tambah laporan Hertz, adalah pertemuan kedua antara As-Sisi, Netanyahu dan Herzog. Sedangkan pertemuan pertama juga dilakukan secara rahasia di sebuah kota di Yordania, Aqaba, pada Februari 2016. Pertemuan pertama itu, juga dihadiri Raja Yordania, Abdullah II dan mantan Menlu AS, John Kerry.

Netanyahu dan Herzog dikabarkan melakukan perjalanan rahasia untuk bertemu dengan As-Sisi di istana kepresidenan Mesir. Peristiwa ini, terjadi disaat muncul spekulasi bergabungnya Partai Zionis Camp yang dipimpin Herzog ke dalam pemerintahan Israel.

Perjalanan Netanyahu, penasihatnya, Herzog dan sekelompok pasukan keamanan ke Kairo, dilakukan pada malam hari dari pangkalan udara Israel.

“As-Sisi memberikan tekanan kepada mereka untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mendukung proses perdamaian. Saat ini mereka telah kembali ke Israel,” kata surat kabar Hertz.

Hertz dalam laporannya menambahkan, “Asumsinya Netanyahu tidak mampu secara politik untuk memimpin proses politik. Hal ini disebabkan oleh rekannya dari sayap kanan di dalam pemerintahan koalisi, maka kekuatan internasional dan regional telah dihubungkan dengan Herzog melalui berbagai saluran.” (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansı

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...