Home / Berita / Internasional / Asia / Jerman Dukung Qatar

Jerman Dukung Qatar

Menlu Jerman, Sigmar Gabriel. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Berlin. Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman, Sigmar Gabriel mengumumkan, negaranya mendukung Qatar dalam krisis dengan beberapa negara Teluk, Selasa (06/06/2017). Dalam wawancara dengan majalah Handelsblatt Global itu, Menlu Gabriel juga mengatakan, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump adalah sosok yang harus bertanggungjawab atas krisis yang terjadi.

Gabriel melanjutkan, ada upaya yang bertujuan untuk mengisolasi Qatar, dan upaya itu cukup eksistensial. Sedangkan Koresponden Aljazeera di Berlin melaporkan, Gabriel juga menyatakan, pendekatan Presiden Trump di Timur Tengah terbilang berbahaya dan akan meningkatkan krisis. Yaitu pendekatan di saat memeerlukan wawasan untuk menyelesaikan krisis ini.

Lebih lanjut, Menlu Jerman itu mengkritik kebijakan Presiden Trump di Timur Tengah. Hal ini terkait dengan bantuan persenjataan besar yang ditanda tangani dengan negara-negara Teluk. Menurutnya, itu akan meningkatkan risiko masuknya persenjataan spiral. Bahkan Gabriel menyebut kebijakan Trump itu sebagai kebijakan yang salah.

Menurut jadwal, Menlu Arab Saudi, Khalid al-Jubeir akan mengunjungi Berlin pada Rabu (07/06) hari ini.

Sebelumnya dilaporkan, Amir Qatar, Syeikh Tamim bin Hamad Al Tsani telah dihubungi oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Putin menegaskan dukungan negaranya untuk menyelesaikan krisis dengan jalan diplomasi.

Selain itu, Amir Qatar juga dihubungi oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Dalam kesempatan itu, Macron disebut menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan hubungan kedua negara dan niatnya untuk melakukan upaya guna menemukan solusi terkait krisis di Timur Tengah. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.
  • Adib Rahman

    semoga krisis umat Islam di timur tengah segera selesaikan sebagai perbedaan opini dalam semangat romadhon almubarak….takbir

Lihat Juga

Sidang Umum PBB ke-72, Amir Qatar: Negara Pemboikot Berupaya Usik Stabilitas