Topic
Home / Narasi Islam / Teknologi / Aplikasi Ini Bisa Bantu Pasien Diabetes Berpuasa

Aplikasi Ini Bisa Bantu Pasien Diabetes Berpuasa

dakwatuna.com-DUBAI. Diabetes and Ramadan (DAR) International Alliance telah meluncurkan aplikasi berbasis web untuk membantu pengidap diabetes berpuasa. Aplikasi web ‘Ramadan nutrition plan’ (RNP) ini telah resmi diluncurkan, Kamis (27/5).

Penderita diabetes perlu rekomendasi diet khusus agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi saat berpuasa. Rekomendasi ini disusun sesuai dengan gaya hidup, usia, dan kebutuhan medis lainnya. Selama bulan Ramadhan ini, pasien akan menghadapi perubahan pola makan drastis dibanding bulan-bulan lain. Karena itu, RNP didesain untuk membantu pasien terapi khusus berpuasa selama Ramadhan.

Rencana makan ini dikategorikan dalam beberapa target kalori harian. Managemen strategi diabetes ini dibuat bekerja sama dengan International Diabetes Federation (IDF) dan Emirates Diabetes Society di Dubai.

Ketua DAR international Alliance dan konsultan endokrinologi di Dubai Hospital, Dr Mohamed Hassanein mengatakan aplikasi web ini adalah kelanjutan baru. Tahun lalu, mereka sudah meluncurkan ‘Pedoman managemen diabetes selama Ramadhan’ untuk menyediakan arahan universal bagi semua yang terlibat dengan pasien.

“Tujuan jangka panjang kami adalah membawa perubahan perilaku progresif pada pasien yang berpuasa dan komunitas,” kata dia, dilansir Khaleej Times. Karena, pasien diabetes aman untuk berpuasa.

Tidak ada perubahan signifikan pada kesehatan pasien jika diabetes diatur dengan efektif. Meski demikian, Dr. Mohammed menegaskan bahwa informasi ini tidak bisa digeneralisir. Karena sejumlah pasien bisa lebih sehat dan lebih memburuk.

Sebuah studi dari Dr. Fatheya Alawadi, kepala departemen endokrin di Dubai Hospital dalam Attitudes and behaviour of people with diabetes during Ramadan, menggarisbawahi keuntungan konseling dan edukasi sebelum Ramadhan yang layak.

“Pasien dari kelompok tinggi resiko, seperti pasien Tipe 1 dan Tipe 2 dengan terapi insulin, ibu hamil dengan diabetes dan pasien penyakit ginjal perlu diedukasi dan diberi pengetahuan untuk mengatur gaya hidup mereka sesuai kondisi,” katanya.

Berikut adalah link aplikasi web yang dimaksud, www.daralliance.org/daralliance/map/.

Redaktur: Samuri Smart

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Asal Sulawesi Tenggara, hobi mencatat segala inspirasi

Lihat Juga

ICMI Rusia Gelar Workshop Penulisan Bersama Asma Nadia

Figure
Organization